DENPASAR, BALIPOST.com – Prestasi pelajar SMAN 4 Denpasar dalam Junior Achievement (JA) Asia Pasific Company of the Year Competition sebagai juara II berbuah manis. Keempat anggota Zeal Student Company (CS) yang berkompetisi dalam kegiatan tahunan yang tahun ini digelar di Manila, Filipina itu memperoleh beasiswa S1 ke Amerika Serikat.

Menurut Manager Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, potensi pelajar Indonesia sangat baik. Mereka mampu membuktikan bahwa pelajar bisa berbisnis secara nyata dan menghasilkan produk inovatif. “Potensi bisnis ini nyata dan Zeal SC dari SMA 4 Denpasar telah membuktikannya,” sebutnya.

Ia mengutarakan keempat siswa yang tergabung dalam Zeal SC ini meraih kesempatan emas untuk menuntut ilmu di Amerika Serikat (AS) lewat International University Alliance (IUA)-JA Excellence Scholarship. Total beasiswa per siswa mencapai 60 ribu dolar AS selama 4 tahun. “Mereka berhak memilih universitas dan jurusan yang diinginkan dari 6 universitas ternama di AS, yakni Adelphi University, University of Dayton, University of Illinois at Chicago, University of Kansas, University of the Pacific, dan University of Utah,” jelasnya.

Dipaparkan Director, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki kegiatan ini merupakan bagian CSR dari Citi Indonesia bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia. SMAN 4 Denpasar merupakan salah satu sekolah yang menerima manfaat dari program “Youth Sociopreneurship Initiative.”

Ada lima kota yang disasar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. Para siswa dibina untuk membangun perusahaan siswa di sekolah.

Baca juga:  Inovator Muda Berbagai Negara Bertemu di Sanur

Termasuk, lanjutnya, menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. “Para siswa ini nantinya akan menjadi pemimpin Indonesia yang menjalankan perusahaan dan masa depan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Partnerships Manager Indonesia of International University Alliance (IUA), Sandy Yudisthira mengatakan sebagai mitra JA, turut bangga dengan pencapaian tingkat internasional yang diraih siswa-siswi SMAN 4 Denpasar. Diharapkan para pelajar yang memperoleh beasiswa dapat membangun relasi global, memperluas wawasan, dan termotivasi terus berinovasi. “Ambil kesempatan yang ada dan jangan dilepas,” sebutnya.

Keempat siswa SMAN 4 Denpasar yang memperoleh beasiswa adalah Ni Nyoman Dea Intan Sari, Putu Azmellya Putri Sanjaya, Yulia Ayu Tri Anindita dan Yusuf Akbar Santoso. Dalam kesempatan itu, mereka berbagi tips dan trik untuk menghadapi kompetisi bergengsi dari JA.

Produk inovatif mereka berupa produk sepatu dari karung goni yang dipadukan dengan kain endek. Tak hanya alas kaki, produk mereka yang sudah dijual ini juga bisa mengubah gerak menjadi listrik untuk mengisi baterai telepon selular (ponsel).

Atas prestasi dari siswa-siswinya, Kepala Sekolah SMAN 4 Denpasar, I Ketut Kerta mengaku bangga. Ia berharap ke depannya lebih banyak lagi prestasi yang diraih anak didiknya. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.