Sejumlah siswa SMA saat mengikuti UNBK. (BP/dok)

BANGLI, BALIPOST.com – Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dijadwalkan berlangsung serentak, Senin (1/4) ini. Di Kabupaten Bangli, UN akan diikuti 1.218 siswa dari 6 SMA. Sama seperti tahun sebelumnya, seluruh SMA di Kabupaten Bangli akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Bangli Ketut Ada, Minggu (31/3) mengatakan sesuai jadwal, UN akan dilaksanakan selama empat hari yakni pada tanggal 1,2,4 dan 8 April. Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam UN hari pertama yakni Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari terakhir mata pelajaran pilihan.

Disebutkan Ketut Ada, terdapat tiga mata pelajaran pilihan yang bisa dipilih peserta UN sesauai jurusan masing-masing. Untuk jurusan IPS, pilihan mata pelajarannya yakni Geografi, Sosiologi dan Ekonomi. Sementara IPA, yakni Biologi, Kimia, dan Fisika.

Sedangkan jurusan IPB, peserta bisa memilih mata pelajaran Antropologi, Sastra Indonesia dan Bahasa Jepang. “UN akan dilaksanakan selama dua jam mulai pukul 08.00 wita hingga pukul 10.00 wita,” kata Ada.

Baca juga:  3 SMP di Tabanan Terapkan UNBK

Lanjut dikatakannya, tidak ada yang berbeda dalam pelaksanaan UN kali ini. UN yang dilaksanakan berbasis komputer, masih sama seperti tahun sebelumnya. Yang boleh masuk ruang UN nantinya hanya peserta, teknisi, proctor dan pengawas ruangan. “Semua sekolah menyelenggarakan UNBK di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Diharapkannya, pelaksanaan UNBK di enam SMA di Bangli yang dimulai hari ini bisa berjalan lancar. Semua sekolah yang melaksanakan UN diharapkan mengikuti prosedur yang ada. “Yang menjadi kekhawatiran dalam pelaksanaan UNBK adalah cuaca yang tidak menentu yang menyebabkan terganggunya koneksi internet dan aliran listrik. Kita harapkan tidak ada gangguan seperti itu. Pelaksanaan UNBK bisa berjalan lancar,” harapnya. (Dayu Swasrina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.