Sebuah pohon kepuh di Setra Kubu tumbang dan timpa bangunan bale lantang (BP/ist)

 

BANGLI, BALIPOST.com – Angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Bangli, Kamis sore (24/1). Kencangnya terjangan angin menyebabkan sebuah pohon kepuh berukuran besar yang tumbuh di areal Setra Desa Pakraman Kubu, tumbang dan menimpa bangunan bale lantang yang ada di dekatnya. Beberapa liang kubur dan sebuah bangunan tempat membakar mayat juga rusak tertimpa pohon.

Selain di Setra Kubu, kejadian pohon tumbang juga terjadi di wilayah susut. Akibatnya sebuah bangunan rumah milik warga rusak.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peristiwa tumbangnya pohon kepuh di Setra Kubu terjadi sekitar pukul 17.00 wita. Pohon berdiameter lebih dari setengah meter itu tumbang lantaran tak kuat dengan terjangan angin.

Kasi Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Bangli Ketut Agus Sutapa seizin Kalak BPBD Wayan Karmawan mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Namun demikian, tumbangnya pohon mengakibatkan sebuah banguna bale lantang yang ada di dekat pohon rusak lantaran tertimba batang pohon.

“Mengenai upaya penanganannya, saat ini pihak desa pakraman akan melaksanakan rembug/musyawarah terlebih dahulu untuk menentukan proses upacara/ritual. Selanjutnya baru akan dilaksanakan penanganan,” terangnya.

Baca juga:  Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang, Timpa Pemotor, Rumah hingga Kos-kosan

Selain di Setra Kubu, Agus mengatakan pohon tumbang akibat angin kencang juga terjadi di lokasi lainnya di wilayah Lingkungan Kubu. Kejadian itu mengakibatkan sebagian bangunan dapur milik warga I Ketut Sandi rusak tertimpa pohon. “Upaya penanganan sudah dilakukan oleh korban. Kerugian sekitar Rp 10 juta,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun dari Polres Bangli, peristiwa pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di Banjar Serokadan, Desa Abuan, Susut. Kejadian itu menyebabkan sebuah rumah milik warga Nyoman Mudiarta rusak. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Korban mengalami kerugian Rp 5 juta rupiah.

Di tempat lainnya, kencangnya angin memicu ranting pohon patah di jalan jurusan Bangli-Kayuambua, tepatnya di Banjar Lumbuan, Desa Sulahan, Susut. Akibat kejadian itu, kabel listrik terputus dan menimbulkan percikan api hingga membakar kabel. Kejadian itu kini telah ditangani PLN. Di Tembuku, kencangnya angina menyebbakan pohon bambu tumbang ke jalan. Oleh petugas kepolisian, kejadian itu sudah ditangani dengan melakukan pembersihan. (dayu rina/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.