Petugas membersihkan dahan dan ranting pohon di Pura Dalem Penunggekan yang tumbang pada Sabtu (27/4). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Sebuah pohon berukuran besar di areal Pura Dalem Penunggekan, Banjar Blungbang, Kelurahan Kawan, Bangli tumbang Sabtu (27/4) siang. Pohon tersebut menimpa beberapa kendaraan yang ada di dekatnya hingga mengalami kerusakan.

Berdasarkan informasi pohon jenis kepah Kepuh itu tumbang sekitar pukul 12.00 WITA. Tidak ada angin maupun hujan saat kejadian. Diperkirakan pohon tumbang disebabkan karena akarnya sudah lapuk.

Kepala Pelaksana BPBD Damkar Bangli I Wayan Wardana mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Namun demikian ada beberapa kendaraan berupa satu mobil dan beberapa motor tertimpa batang pohon hingga rusak. “Sekarang sedang penanganan oleh tim TRC dan masyarakat,” terangnya.

Baca juga:  Cuaca Ekstrem, Taman Nasional Baluran Tutup Sementara

Untuk mempercepat evakuasi material pohon, Wardana mengaku pihaknya juga telah meminta bantuan BPBD dan Dinas PUPR provinsi Bali. Proses evakuasi diperkirakan memakan waktu selama satu hingga dua hari.

Wardana mengatakan pohon yang memiliki diameter kurang lebih 1 meter dan tinggi 30 meter tersebut diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Tumbangnya pohon tersebut diduga terjadi karena akar pohon sudah mengalami pelapukan. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Anggaran Penanganan COVID-19 Bangli Sisa Rp 10 Miliar, Ini 3 Komponen Penyalurannya
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *