SEMARAPURA, BALIPOST.com – Mengisi jeda tengah semester, sebelum menerima raport, SMK Kesehatan Panca Atmajaya Klungkung menggelar sosialisasi tentang kewirausahaan, Senin (10/12). KKB (Koperasi Krama Bali) sebagai pioner penggerak kewirausahaan di Bali, diundang sebagai narasumber memotivasi siswa guna menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan generasi muda.

Siswa setempat nampak antusias mengikuti mengikuti sosialisasi di Aula Sekolah setempat. Dari KKB, hadir Pengurus Pusat Deli Komalasari, Bagian SDM Dewi Uma Pramana, dan pengurus KKB Cabang Klungkung Luh Putu Inten Pradnyani dan A.A Istri Radika Asri.

Sementara dari pihak sekolah, hadir Nengah Wardana Astawa, A. Ma. salah satu pustakawan SMK Kesehatan Panca Atmajaya.

Deli Komalasari, dihadapan siswa, menyampaikan semangat berwirausaha perlu ditumbuhkan sejak dini. Ini sebagai upaya positif membangun generasi muda, yang memiliki banyak opsi untuk maju dan berkembang, selain pendidikan formal yang di dapat di sekolah. Apalagi, saat ini trend berwirausaha di usia muda terus berkembang dan tak asing lagi bagi generasi muda. “Kita mulai dari bangku sekolah, untuk menumbuhkan jiwa-jiwa berwirausaha generasi muda kita,” kata Deli Komalasari.

Berwirausaha di usia muda, sangat terbuka dan banyak peluang yang bisa dikerjakan. Tinggal sekarang bagaimana setiap pribadi melihat peluang yang ada dan ingin bergerak di bidang apa.

Oleh sebab itu, Deli menyampaikan KKB siap memberi pelatihan khusus bagi siswa yang serius bergerak di bidang kewirausahaan, sesuai dengan minat dan kemampuannya. “Ada yang suka tata rias, kita fasilitasi pelatihan. Ada yang senang membuat kerajinan tertentu dan berbagai jenis bentuk usaha, kami siap memfasilitasi,” tegasnya.

Baca juga:  Gali Potensi Wirausaha Muda, "Youth Sociopreneur Initiative" Digelar

Pengurus KKB Cabang Klungkung Ni Luh Putu Inten Pradnyani, menyampaikan sebagai lembaga keuangan mikro, KKB juga memiliki program khusus untuk para siswa, yakni Simpanan Brahmacari. Salah satu produk KKB yang bergerak di untuk dana pendidikan terencana.

Ketentuannya, simpanan berjangka selama 18 bulan, pembayaran setiap bulan Rp 100 ribu. Anggota berpeluang mendapatkan beasiswa dan hadiah setiap tahun bagi anggota. Bahkan, ada tunjangan prestasi bila anak yang bersangkutan mendapatkan rangking 1 sampai 3 setiap kenaikan kelas. “Kami juga memiliki program sebagai penyalur tenaga kerja. Bagi lulusan yang siap kerja, KKB siap menyalurkannya sesuai minat dan kemampuannya,” katanya.

Kepala SMK Kesehatan Panca Atmajaya Klungkung, I Gede Eka Sumaya Putra, S.Pd.,M.Pd, menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dari KKB dalam mengisi kegiatan siswa dengan pengetahuan yang positif. Dia berharap apa yang disampaikan oleh KKB dapat bermanfaat bagi siswa dalam menambah wawasan dan arah masa depan yang lebih baik, selain pengetahuan formal di sekolah.

Dia juga tertarik dengan program pelatihan yang disampaikan KKB, agar ke depan dapat ditindaklanjuti. Sebagai bentuk kemitraan berkelanjutan antara SMK Kesehatan Panca Atmajaya Klungkung dengan KKB. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.