Owner PT Bela Indonesia Jaya, Made Burat, saat menuangkan oli Lupromax pada sesi uji coba, Sabtu (8/12). (BP/istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sekitar 100 orang dari berbagai komunitas otomotif Bali dibuat takjub dan keheranan saat menyaksikan sebuah mobil MPV yang terus melaju normal dalam kondisi tanpa oli. Aksi MPV warna putih itu terekam di kawasan Jimbaran pada Sabtu (8/12) siang.

“Ini adalah pembuktian jika kendaraan yang sebelumnya menggunakan oli Lupromax, kendaraan Anda masih bisa berjalan meski oli telah habis, tanpa merusak mesin,” kata Made Burat, owner PT Bela Indonesia Jaya, distributor Lupromax di Bali.

Sebelumnya di hadapan peserta gathering dari sejumlah klub otomotif, pengusaha angkutan, travel dan lain-lainnya itu mengatakan oli mobil milik salah satu komunitas otomotif tersebut dikuras terlebih dahulu. Setelah itu dilakukan penggantian oli baru dengan Lupromax Oil.

Setelah itu mobil dijalankan beberapa saat berkeliling di kawasan Jimbaran. Nah, setelah kembali pada garis start di depan Bela Seafood Café Pantai Muaya Jimbaran, oli yang sebelumnya diisikan kembali dikuras habis.

Episode ekstrem pun selanjutnya dimulai dengan menjalankan mobil yang dalam kondisi tanpa oli sama sekali. Ternyata selama sekitar 30 menit, mobil yang dijalankan di kawasan Jimbaran dengan kontur jalan trek lurus, berbelok-belok, menanjak tetap berjalan normal.

Bahkan air conditioner (AC) tetap hidup untuk mendinginkan perjalanan di cuaca yang terik itu. Seluruhnya tak mempengaruhi performa berkendara. “Ini terjadi karena adiktif oli Lupromax yang dituangkan sebelumnya memiliki teknologi “Heat Activated Technology.” Teknologi ini mampu meningkatkan kinerja atau performa mesin kendaraan sekaligus memberikan perlindungan dan mengurangi tingkat kerusakan pada mesin,” kata Lucky Hernando, RSM Lupromax Indonesia – Jakarta.

Baca juga:  Segerombolan Anak Muda dari Solo Terjaring Operasi Zebra Agung

Namun Lucky mengingatkan tidak ada anjuran untuk menggunakan kendaraan tanpa oli. “Ini adalah antisipasi ketika terjadi kebocoran atau masalah-masalah rembesan pada oli. Jadi pengendara tak perlu cemas lagi terhadap risiko-risiko tersebut. Dan tes ini juga membuktikan kemampuan aditif oli milik kami ini,” imbuh Lucky.

Sebelumnya tantangan ekstrim tanpa oli ini juga sudah dilakukan enam tahun lalu. Sebuah mobil dan sepeda motor yang telah dikosongkan oli mesinnya meluncur di daerah BSD City, Tangerang, selama 8 jam 5 menit sejauh 283 km dan mematahkan rekor MURI dan rekor dunia yang ada, yakni tiga jam dua belas menit sejauh 81,9 km.

Sedangkan rekor untuk sepeda motor tercatat 8 jam 10 menit sejauh 242.8 km. Pada saat pemecahan rekor MURI ini dinyatakan berakhir, kondisi mesin kendaraan tetap dalam kondisi menyala dan berfungsi normal. Dan sampai sejauh ini rekor tersebut belum terpecahkan.

Di Bali sendiri oli yang didatangkan dari Kanada tersebut baru disosialisasikan pada Sabtu (8/12). Sebelumnya, pada April 2018, brand internasional ini melalui PT Bela Indonesia Jaya juga menggelar ajang Lupromax Grass Track & Motocross di sirkuit Sio-sio, Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana. “Kami akan segera memenuhi distribusi untuk seluruh Bali, sehingga konsumen akan gampang mendapatkan produk-produk Lupromax,” janji General Manager PT Bela Indonesia Jaya, Kukuh Heryudo. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.