SEMARAPURA, BALIPOST.com – Sebanyak 20 pelari dari enam negara yaitu Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia mengikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Sabtu (8/12). Kegiatan berenang dan lari atau yang biasa disebut swimrun ini merupakan olahraga yang sedang berkembang pesat di Swedia.

Untuk kali ini, para peserta menempuh jarak lari 20 km dan berenang sejauh 3 km. Menurut Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana, The Bali Hope Swimrun ini merupakan kegiatan berenang dan lari pertama kali di Asia Tenggara (Asteng) dan Australia.

Ini, lanjutnya, sekaligus menjadi ajang menggalang dana untuk melindungi lingkungan di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dari polusi sampah plastik. Selain itu juga mengedukasi lingkungan dalam Bahasa Inggris di 6 sekolah di Nusa Lembongan melalui Bali Children Foundation. “Kedua pulau ini merupakan destinasi yang dikunjungi oleh ribuan wisatawan setiap harinya,” ujarnya.

Diungkapkannya, lebih dari empat dekade lalu, PT Astra International Tbk telah melakukan kontribusi sosial berkelanjutan kepada masyarakat di sekitar instalasi Astra berada. Kini, Astra semakin fokus pada empat pilar kontribusi sosial yaitu Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan UKM dan Lingkungan. “Astra berperan dalam kegiatan kesehatan, pendidikan dan lingkungan di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Bali, melalui The Bali Hope Swimrun pada 5-9 Desember 2018,” ucapnya.

Sedangkan, di pilar Lingkungan, Astra juga mengembangkan Kampung Berseri Astra untuk menuju Desa Sejahtera Astra. Kampung Berseri Astra saat ini mencapai 77 di 34 provinsi dan 304 Desa Sejahtera Astra di 22 provinsi di seluruh Indonesia. “Pada prinsipnya, apapun kegiatan yang dilakukan Astra harus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” tambahnya.

Baca juga:  Aston Denpasar Ikut Perangi Sampah Plastik di Batu Bolong

Selain the Bali Hope Swimrun, ada juga kegiatan berbagi pengalaman menjaga lingkungan dari sampah oleh penerima Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards 2010. Yakni Amilia Agustin serta bersih-bersih pantai.

Seluruh kegiatan tersebut melibatkan masyarakat setempat di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan sebagai tuan rumah. Amilia merupakan satu dari 245 penerima SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan provinsi dari periode tahun 2010 hingga 2018.

Sementara, Perbekel Lembongan Ketut Gede Arjaya pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih atas suport dari pihak Astra terhadap kegiatan ini. Dengan adanya acara seeperti ini lembongan, pihaknya yakin Nusa Lembongan akan lebih dikenal lagi di mancanegara.

Untuk itu, melalui program yang digalakkan pihak Bali Children Foundation bersama Friends of Lembongan, pihaknya berharap kawasan Lembongan akan lebih bersih lagi dari sampah plastik. “Say no to plastic. Kami berharap acara seperti ini bisa terus berlanjut kemudian hari,” harapnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.