Bupati Suwirta saat hadir dalam acara memperingati Hari Ikan Nasional dan bertemu dengan anak-anak sekolah dasar. (BP/kmb)

BUPATI Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung I Wayan Durma menghadiri Acara memperingati Hari Ikan Nasional ke-V tahun 2018 di Balai Banjar Tulang Nyuh Desa Tegak, Rabu (21/11).

Acara ini, untuk mengkampanyekan gemar makan ikan, guna meningkatkan kesehatan tubuh. Melihat pentingnya peran ikan, Bupati Suwirta meminta agar ini dapat dipahami orangtua hingga anak-anak.

“Jangan hanya pada Hari Ikan Nasional baru memakan ikan, tetapi yang terpenting bagaimana masyarakat bisa memakan ikan setiap saat karena kandungannya berguna bagi tubuh kita,” kata Suwirta.

Bupati Suwirta menugaskan kepada guru-guru di Sekolah Dasar untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya makan ikan. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung beserta staf, diminta mencari cara bagaimana memproduksi ikan.  Agar produksi ikan seimbang dengan kebutuhan konsumsi ikan di Klungkung. “Jangan dulu bicara konsumsi tanpa ada produksi,” tegasnya.

Bupati Suwirta mengharapkan agar di setiap desa terdapat kuliner olahan makanan dari ikan, baik itu ikan tawar maupun ikan laut. Menurutnya, dengan makan ikan, generasi muda dapat menjadi generasi yang handal dan generasi jenius. Sedangkan, untuk orang dewasa ikan sangat baik dikonsumsi karena banyak mengandung protein.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Klungkung Ny. Ayu Suwirta menyatakan Hari Ikan Nasional ke-V dipadukan dengan pelaksanaan inovasi Klungkung yakni Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat Klungkung tentang manfaat mengkonsumsi Ikan. Selain itu, juga bagaimana pelaksanaan pelatihan tentang cara mengolah ikan yang baik dan bermutu. Ini untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Klungkung, terutama ibu-ibu yang tergabung dalam wadah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR).

Baca juga:  Bupati Suwirta Dorong Peningkatan Kualitas SDM PKK

Kegiatan yang sudah dilakukan antara Tim Forikan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, antara lain pelatihan olahan hasil perikanan. Sasarannya ibu-ibu yang tergabung dalam PKK dan KWT Desa Tegak, Rabu (21/11) kemarin. Senam Gemari dan menyanyikan lagu Aku Suka Makan Ikan, dipandu siswa sekolah dasar di Desa Tegak dan Desa Selat serta hiburan tradisional Bondres yang membawakan acara sosialisasi Gemarikan dan Manfaat Ikan Bagi Masyarakat.

Acara ini diikuti oleh sekitar 500 orang, terdiri dari PKK, siswa SD di Desa Selat, Tegak, Selisihan, dan undangan terkait lainnya. Sebelumnya, juga sudah digelar sosialisasi ke sekolah dasar, bimtek olahan hasil perikanan dan promosi produk olahan perikanan yang dilaksanakan pada Festival Agribisnis dan Festival Bahari 2018. (kmb/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.