NEGARA, BALIPOST.com – Puluhan warga Jembrana belakangan ini mulai demam senam jenis olah raga bergaya militer. Senam spartan komando (sparko) yang dipopulerkan perwira kopassus asal Bali Mayor Inf. Eka Wira King of Sparko, mulai menjamur di Jembrana.

Bahkan pada Minggu (18/11), puluhan orang memperkenalkan senam ini di car free day (CFD) Kota Negara. Senam ini tidak hanya diminati dari kalangan militer, warga Jembrana olahraga di CFD yang awalnya hanya menonton, ikut mencoba senam dengan berbagai jenis gerakan, mulai dari jogging, push up dan sit up.

Sersan Jaya, pelatih senam sparko usai senam di CFD mengatakan meski terbilang baru, namun sparko perkembangannya cukup pesat. Anggota Yonif Mekanis 741 Garuda Nusantara, ini berharap ke depan senam sparko diikuti seluruh masyarakat Jembrana sehingga terbentuk komunitas sparko.

Baca juga:  Kelompok Anak Muda Angkatan 69 Gelar Garda Rock Music Bali di Kertalangu

Menurutnya senam ini akan rutin digelar setiap minggu untuk masyarakat umum untuk senam bersama.

Kapten Inf. Arman Adi Wibowo, selaku penggagas sparko di Jembrana mengatakan, olahraga sparko dinilai lebih efektif menurunkan berat badan. Karena gerakan yang dijadikan latihan hampir mirip seperti olahraga yang dilakukan pasukan elit Kopassus. “Namun mudah dilakukan masyarakat umum,” jelasnya.

Olah raga ini katanya memang tergolong berat, akan tetapi Sparko banyak digandrungi anak muda di berbagai daerah. Dengan adanya olahraga ini diharapkan bisa mewujudkan masyarakat Jembrana yang sehat dan terhindar dari narkoba terutama bagi para remaja yang menjadi generasi penerus bangsa. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.