Empat calon Sekda Tabanan melakukan uji kompetensi manajerial, Senin (12/11). (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi oleh Panitia Seleksi (Pansel), empat pejabat yang berebut posisi Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, Senin (12/11) mengikuti uji kompetensi manajerial. Ujian akan digelar selama dua hari oleh pusat penilaian kompetensi kepegawaian negara.

Keempat pejabat tersebut yakni IGA Rai Dwipayana, I Gede Susila, I Wayan Kotio dan I Wayan Sarba. Kabid Formasi dan Pengembangan BKPSDM, Ni Luh Putu Mahadi, saat dikonfirmasi mengatakan, dari tahapan jadwal seleksi, hasil seleksi uji kompetensi manajerial dan sosio kultural kemungkinan baru diserahkan kepada Pansel seminggu setelah ujian. Selanjutnya, dilakukan uji kompetensi bidang dan wawancara akhir.

Dari hasil uji kompetensi manajerial, uji kompetensi bidang yang diisi pula dengan presentasi karya tulis para peserta seleksi dan ditutup dengan wawancara akhir. Dari semua proses tersebut, hasil penilaiannya akan dikompilasi oleh Pansel untuk perangkingan.

Sementara itu, Kabid perencanaan dan penyelenggaraan penilaian kompetensi dari BKN, I Ketut Buana menerangkan, selama uji kompetensi, peserta akan menjalani sejumlah tes dengan metode kompleks. Yakni sebuah metode uji kompetensi dengan serangkaian tes meliputi psikotes, group discussion dan menulis proposal yang nantinya dipresentasikan, dan terakhir wawancara.  “Dari sekian metode yang digunakan akan disimpulkan apakah memenuhi syarat,” ucapnya.

Baca juga:  Lelang Jabatan di Buleleng, Sembilan Peserta Terbaik Segera Diumumkan

Apalagi sebelumnya, juga telah dilakukan koordinasi terkait profil sekda seperti apa yang diinginkan. Yang tentunya akan menjadi standar acuan nilai kemampuan para calon.

Tak hanya itu, empat peserta juga diminta menyusun proposal terkait persoalan yang ada di daerah dan memberikan solusinya, serta diskusi berdasarkan proposal yang telah dibuat. “Barulah dilanjutkan dengan wawancara berbasis kompetensi secara individu,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Pemkab Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa akan memasuki masa pensiun per 1 Februari 2019. Karena jabatan Sekda adalah jabatan strategis, tidak boleh terjadi lowong, sehingga harus dilakukan proses seleksi.

Selama lima belas hari masa pendaftaran calon Sekda, hanya empat pejabat setingkat kepala dinas berebut posisi tersebut yakni Kadisdukcapil Tabanan IGA Rai Dwipayana yang mendaftar pertama kali, disusul Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gede Susila, lanjut Kepala Dinas Arsip dan perpustakaan daerah I Wayan Kotio dan terakhir mendaftar jelang masa penutupan pendaftaran Kepala Satpol PP Tabanan I Wayan Sarba. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.