Menteri KP RI Susi Pudjiastuti saat meninjau sejumlah bangunan kampus Poltek KP di Pengambengan. Menteri mendorong generasi muda untuk bekerja di sektor kelautan dan perikanan. (BP/olo)

NAGARA, BALIPOST.com – Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) di Pengambengan diharapkan menjadi salah satu sekolah yang mencetak generasi muda untuk mengelola sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki laut yang lebih luas dibanding daratan dan sangat potensial bila dikelola.

Selama kurun waktu lima tahun ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI membangun tujuh sekolah kelautan untuk mencetak ahli kelautan dan perikanan.

“Awalnya sejak awal menjabat saya ingin 10 (sekolah), sekarang sudah terealisasi tujuh. Mereka yang dicetak ini nantinya akan mengelola laut kita. Keinginan saya lebih banyak ahli kelautan dan perikanan daripada pertanian. Karena laut lebih luas daripada daratan kita,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti saat meninjau Poltek KP di Pengambengan, Rabu (10/10).

Susi mengungkapkan upaya ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan misi misi Presiden RI Joko Widodo yakni Laut sebagai Masa Depan Bangsa. Selain sumber daya manusianya yang andal, laut juga dijaga dengan mengurangi illegal fishing, penggunaan alat tangkap ramah lingkungan hingga pengelolaan sampah serta bisnis perikanan yang baik. Bekerja di sektor Kelautan dan Perikanan menjadi tumpuan anak muda bekerja di masa depan. Sebab, sektor pekerjaan konvensional semakin berkurang. “Perbankan akan mengurangi karyawan, teller akan dikurangi. Lalu anak muda kita (kerja) kemana? Ya ke laut. Mengelola laut, mengelola hasilnya, “ tegas Menteri Susi.

Baca juga:  Nelayan Tenggelam Dipastikan Dapat Asuransi

Namun, sumber kekayaan laut itu hanya mungkin dipertahankan untuk anak cucu apabila laut tetap dijaga. Jangan sampai kapal-kapal besar asing yang mencuri hasil ikan di laut Indonesia.

Pihaknya yakin dengan poltek yang kampusnya masih dalam tahap pembangunan ini bisa menelurkan ahli-ahli kelautan dan perikanan. Dari pengecekan akhir tahun ini Poltek yang pengerjaannya sempat tersendat ini bisa rampung akhir tahun ini. Apalagi saat ini sudah aktivitas kampus sudah berjalan hingga semester tiga. (surya dharma/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.