Ikan- Harga Ika tongkol masih murah, nelayan pilih tak melaut karena merugi. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hingga saat ini, harga ikan tongkol masih sangat murah. Kondisi itu membuat sebagian besar nelayan yang ada di Ujung Pesisir, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem tak turun melaut. Hal itu dilakukan, lantaran nelayan merugi karena biaya melaut tak sebanding dengan hasil penjualan ikan yang didapatnya.

Nelayan di Ujung Pesisi, Tomi, mengungkapakan, kalau hingga saat ini harga per ekor menembus angka Rp 700 rupiah. Kata dia, harga tongkol anjlok dari akhir Bulan Desember 2023 sampai akhir Januari 2024 masih terjadi.”Harga ikan masih sangat murah,” ucapnya, Selasa (30/1).

Baca juga:  Bantuan Mesin Elpiji Dijual Nelayan

Romi mengatakan, atas kondisi itu sebagian besar nelayan memilih tidak melaut, tapi ada juga yang masih tetap melaut. Pasalnya, bagi nelayan yang Tel turun melaut karena hasil tangkapan tak sesuai dengan biaya operasional yang dikeluarkannya. Karena sekali melaut, bisa hanya sampat 200-300 ekor. “Untuk biaya operasional melaut minimal habis Rp 200 sampai Rp 250 ribu. Meliputi bahan bakar minyak (BBM), makan dan diminum,” katanya. (Eka Parananda/Balipost).

Baca juga:  Bali United Makin Kokoh di Puncak
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *