AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pariwisata meningkatkan target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik pada tahun ini. Guna mampu memenuhi target itu, selain mengandalkan sejumlah destinasi yang menjadi ikon pariwisata, Dispar juga menggelar kegiatan festival.

Kabis SDP Dinas Pariwisata Karangasem, Ni Made Sudani, mengungkapkan, tahun ini target kunjungan untuk wisatawan mancanegara sebanyak 360 ribu orang dan domestik 175 ribu pengunjung. Kata dia, target tahun ini sedikit mengalami meningkatan dari tahun sebelumnya, khususnya di wisman.

Pada 2017 target kunjungan wisman sebanyak 345 ribu dan domestik 165 ribu orang. “Tahun lalu untuk jumlah kunjungam wisman kita mampu melebihi target yang diberikan. Dari target 346 orang, kita mampu merealisasikan 394 ribu pengunjung. Sedangkan untuk domestik belum bisa memenuhi target. Karena dari 165 ribu pengunjung kita hanya mampu mencapai 151 ribu pengunjung. Kita gagal memenuhi target akibat bencana erupsi Gunung Agung,” ucapnya.

Sudani menambahkan, dari target kunjungan wisman sebanyak 360 ribu, sampai Juli sudah terealisasi 301.314 orang. Sedangkan untuk kunjungan wisdom dari target 175 pengunjung telah terealisasi 205.004 pengunjung.

Baca juga:  Rendah, Kesadaran Wisdom Berasuransi

Ini artinya untuk kunjungan sudah mampu melebihi target yang ditetapkan.  Kata dia, guna lebih meningkatkan jumlah kunjungan ke bumi lahar pasca bencana erupsi Gunung Agung, pihaknya telah langkah-langkah strategis seperti, mendatangkan travel blogger, bekerjasama dengan google dalam pemasaran digital.

Selain itu, pihaknya juga melakukan perencanaan aplikasi Direktori pariwisata berbasis smartphone, website tourism dan medsos, memberikan bimbingan, pelatihan pemasaran pariwisata melalui digital promosi, lomba foto destinasi dan budaya, promosi tabletop mengajak industri pariwisata dan usaha pariwisata (BBTF) Bali and Beyond Travel Fair, pomosi dan tabletop luar daerah.

“Kita juga sempat mendatangkan 60 Dubes, Miss Universe, Top Travel dari 4 Negara untuk bisa menarik pengunjung agar mau datang berkunjung ke tempat-tempat pariwisata andalam Karangasem. Selain itu, kita juga tetap mengandalkan kegiatan festival seperti Tulamben, Tenganan, Tirtagangga, Festival Subak dan yang lainnya. Kita harap lewat upaya yang kita lakukan ini, nantinya lebih banyak lagi pengunjung yang datang ke Karangasem ini,” harap Sudani. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.