Kondisi Pura Puseh di Banjar Bunga, Desa Ban Kubu, Karangasem yang hancur lebur. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Gempa berpusat di Lombok juga menghancurkan Pura Puseh di Dusun Bunga, Desa Ban Kubu, Karangasem. Atas kondisi itu, kerugian material diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Kelian Dinas Banjar Bunga, Desa Ban, Kubu, Karangasem, I Nengah Kartawa, Jumat (10/8), mengungkapkan, hampir semua bangunan di areal pura hancur. Mulai dari bale gong, bale pesandekan, tujuh palinggih, bale pesantian juga ikut roboh akibat guncangan hebat dari gempa tersebut.

“Hampir semua bangunan rusak. Tembok penyenggker pura juga sebagian besar roboh. Candi bentar juga tumbang. Bahkan gong juga ikut tertimbun belum bisa diambil karena masih ditimbun reruntuhan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kejadian ini mengakibatkan kerugian yang dialami sangat besar. Sebab, sebagain besar bangunan ambruk. Kendati ada, namun memgalami kerusakan berat. “Kalau dilihat kerusakan ini, kerugian mencapai lima miliar,” paparnya sembari menyatakan, selain selain gempa merusak Pura Pusah, gempa juga merusak Pura Dalem. (eka prananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.