(BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kota Tuban, Jawa Timur diguncang gempa, pada Jumat (22/3) sore. Gempa ini berkekuatan magnitudo 6,5 atau lebih besar dari beberapa jam sebelumnya yang berkekuatan 6 magnitudo.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, gempa berkekuatan magnitudo 6,5 itu terjadi pada pukul 15.52 WIB.

Pusat gempa berada di laut pada jarak 130 kilometer timur laut Kota Tuban, dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca juga:  Jelang Nyepi, Arus dari Bali Didominasi Kendaraan Pribadi

Selain Kota Tuban yang merasakan getaran dengan skala intensitas III-IV, juga dirasakan oleh masyarakat di Jawa Tengah (Semarang, Blora).

Selanjutnya, D.I Yogyakarta, Jawa Timur (Banjar, , Malang, Surabaya, Mojokerto, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan).

Setiap daerah itu merasakan getaran gempa skala intensitas III-IV (MII) yang bermakna getaran gempa dirasakan oleh semua orang secara nyata di dalam rumah, hingga benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan.

Baca juga:  IIMS Hybrid 2022, KBA Yamaha Marine Luncurkan Program Berhadiah

Merespons hal tersebut sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan Jawa Tengah telah menyiagakan personel ke setiap daerah yang turut merasakan dampak gempa.

Para personel BPBD tersebut ditugaskan untuk melakukan pendataan dampak yang ditimbulkan oleh gempa, memastikan kondisi dan penanganan lebih lanjut termasuk proses evakuasi warga. (kmb/balipost)

Baca juga:  Menparekraf Temui Kapolri Bahas Destinasi Super Prioritas, Termasuk Bali
BAGIKAN