Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri kegiatan padat karya infrastruktur berupa pembukaan badan jalan di Dusun Kanginan, Desa Paksebali Kecamatan Dawan Jumat (27/7). (BP/adv)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri kegiatan padat karya infrastruktur berupa pembukaan badan jalan di Dusun Kanginan, Desa Paksebali Kecamatan Dawan Jumat (27/7). Sebagai tanda dimulainya kegiatan padat karya infrastruktur tersebut, Bupati Suwirta menyerahkan peralatan kerja secara simbolis dan melakukan peletakan batu pertama di lokasi kegiatan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusuma Jaya menjelaskan, kegiatan padat karya merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mengutamakan penyerapan tenaga kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu yang sifatnya sederhana. Kegiatan yang dilaksanakan Jumat dengan nama Padat Karya Infrastruktur bertujuan menyediakan infrastruktur sederhana untuk menunjang kegiatan sosial ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan (pengangguran), setengah bekerja (setengah pengangguran) dan masyarakat miskin dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal.

Adapun panjang jalan yang dibuka yakni sepanjang 640 meter dengan lebar 4 meter. Kegiatan melibatkan tenaga kerja sebanyak 88 orang, dengan rincian tenaga bantuan/pengayah sebanyak 80 orang dengan upah sebesar Rp 65.000,-/hari, Kepala Kelompok 4 orang dengan upah sebesar Rp. 70.000, dan tukang sebanyak 4 orang dengan upah sebesar Rp.75.000. Kegiatan padat karya infrastruktur ini akan dilaksanakan selama 12 hari.

Baca juga:  Bupati Suwirta Minta Pemeliharaan Taman Dioptimalkan

Disampaikan juga oleh Kusuma Jaya bahwa untuk membiayai kegiatan padat karya infrastruktur ini, sumber anggaran yang digunakan berasal dari Dana Tugas Pembantuan (TP) Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia tahun 2018.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan padat infrastruktur yang dilaksanakan di Dusun Kangin Desa Paksebali ini bertujuan untuk membuka akses jalan untuk masyarakat. Dengan dibukannya akses jalan ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat setempat dalam memasarkan hasil pertanian, perkebunan, maupun peternakan. Bupati Suwirta juga berharap pelaksanaan kegiatan padat karya infrastruktur dapat diselesaikan dengan baik.

Diakhir sambutannya, Bupati Suwirta menyerahkan peralatan kerja secara simbolis dan melakukan peletakan batu pertama di lokasi kegiatan. Hadir dalam acara kemarin Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana dan Perbekel Desa Paksebali I Putu Ariadi serta undangan terkait lainnya. (adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.