DENPASAR, BALIPOST.com – Terkenalnya Bali di seluruh dunia, salah satu faktornya karena memiliki adat istiadat yang kuat. Oleh karena itu Bali banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan berbagai even internasional juga dilaksanakan di Pulau Dewata ini.

Hal tersebut disampaikan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, saat menerima kunjungan Konjen Jepang di Denpasar, Hirosha Chiba, Senin (9/7). “Kodam IX/Udayana memiliki wilayah teritorial di tiga Provinsi yang memiliki ciri khas dan keunikan sendiri, baik dari segi geografinya, demografinya maupun dari segi kondisi sosialnya,” ujarnya.

Provinsi Bali, lanjut Pangdam, dengan ciri khas penduduknya mayoritas beragama Hindu, memiliki adat istiadat yang kuat dan budaya yang menyatu dengan agama yang dianut sehingga membuat Provinsi Bali sangat dikenal oleh masyarakat manca negara sebagai salah satu daerah tujuan wisata domestik maupun internasional. Sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mayoritas penduduknya beraga Islam, sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mayoritas penduduknya beragama Kristen.

Baca juga:  Tanggap Darurat Gempa, TNI Kerahkan Alat Berat

Meskipun terdapat perbedaan agama yang dianut, adat istiadat dan budaya yang beragam namun masyarakat Bali, NTB dan NTT senantiasa hidup dalam suasana kekeluargaan dan kerukunan. Kondisi wilayah Kodam beragam ini dapat pencerminkan Indonesia secara utuh. Oleh karena itu wilayah Kodam IX/Udayana juga dikenal sebagai miniaturnya Indonesia.

Sedangkan Konjen Jepang menyampaikan tujuan kunjungannya tiada lain untuk bersilaturahmi dan mempererat jalinan kemitraan yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Ia ingin mengetahui kondisi Kodam IX/Udayana yang memiliki wilayah yang cukup luas meliputi tiga provinsi. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.