DENPASAR, BALIPOST.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 berlangsung semarak. Jumat (29/6) malam, acara tahunan ini dipermanis dengan penampilan Fragmentari Jatuhnya Rsi Bisma dari Sekaa Gong Yowana Wira Bumi,  Desa Pakraman Tangkas, Kecamatan/Kabupaten Klungkung. Kesenian tersebut dapat memukau ribuan pengunjung di Panggung Terbuka Ardha Candra.

Fragmentari ini merupakan karya dari Seniman Klungkung Berani (SEKUNI) kolaborasi bersama Sekaa Gong Yowana Wira Bumi dengan penata tari,  Wah Lanyu dan dalang,  Dewa Ketut Wicaksana.

Baca juga:  Pemkab Klungkung Lanjutkan Pembangunan TOSS Center Tahap Kedua

Kesenian ini mengisahkan sumpah seorang dewi bernama Dewi Amba kepada Bisma mengenai hutang nyawa harus dibayar nyawa. Ditengah- tengah peperangan yang sengit  dalam menghadapi Pandawa, tiba-tiba Rsi Agung Bisma dari pihak Korawa terdiam diri setelah melihat bayangan Dewi Amba dalam diri Srikandi yang berada didepannya.

Seketika itu pula kesempatan dimanfaatkan Srikandi dan pasukan Pandawa untuk melepaskan anak panah secara bertubi-tubi mengenai tubuh Rsi Agung Bisma. Seketika itu pula Rsi Bisma rubuh dengan puluhan anak panah dari Pandawa menancap di tubuhnya. Penampilan ini mendapat sambutan hangat dari penonton berbagai usia. Jelang berakhir,  gemerlap kembang api ikut menghidupkan suasana panggung.

Baca juga:  Jadwal PKB, Sabtu 14 Juli

Pada malam itu, duta Kabupaten Klungkung juga menampilkan Tabuh Lelambatan Kukus Ing  Utara yang mengisahkan fenomena erupsi gunung Agung, Tari Kreasi Yati Ripu yang mengisahkan tentang upaya manusia memerangi dan mengendalikan sifat buruknya serta Tari Kebyar Terompong yang merupakan sebuah tari  yang memadukan unsur gerak dengan permainan gamelan alat musik terompong

Penampilannya disaksiksikan langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta, Sekda Gede Putu Winastra serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kehadiran rombongan orang nomor satu di Klungkung ini guna memberikan semangat para seniman yang tampil menghadapi para seniman kabupaten tabanan.

Baca juga:  Masa Tahanan Habis, WNA Nigeria Dibebaskan

Pertunjukan yang berlangsung sampai pukul  23.30 ini diakhiri sesi photo bersama bupati Suwirta dengan Sekaa Gong Yowana Wira Bumi Desa Tangkas. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *