Antrean di pos pemeriksaan Pelabuhan Gilimanuk. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Hingga Rabu (27/6), suasana di Pelabuhan Gilimanuk ramai namun lancar. Khususnya kendaraan pribadi baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4).

Kendaraan masuk yang sebagian besar sisa para pemudik baru kembali nampak mengalir. Sejumlah pemudik mengaku baru balik saat pelaksaan Pilkada Serentak ini dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Ia mengaku tidak mengunakan hak pilihnya lantaran memilih balik ke Bali. Para pemudik mengaku baru balik setelah perayaan Lebaran di kampung halaman. “Mau balik ke Denpasar, habis mudik kemarin. Tidak tahu apakah sekarang dapat surat panggilan atau tidak. Ini juga baru nyampai di Gilimanuk,” terang Karianto, salah seorang pemudik saat diperiksa di Pos II Pelabuhan Gilimanuk.

Sebagian diantaranya warga yang masih ber-KTP di sejumlah daerah di Pulau Jawa mengaku tidak menggunakan hak pilihnya. Seperti Eko, warga Surabaya, mengaku memanfaatkan waktu libur ini untuk kembali ke Bali tempat bekerja. Iapun tak sempat mencoblos dalam Pilgub Jawa Timur.

Baca juga:  Kepanasan, Pemudik Bermotor Mulai Pingsan

Kondisi serupa juga terjadi beberapa hari menjelang pemungutan suara Rabu (27/6). Arus orang maupun kendaraan yang keluar Bali cenderung normal. Sementara pengamanan baik di pintu masuk maupun pintu keluar Pelabuhan oleh polisi tetap dilakukan.

Begitu halnya dengan di Pos KTP untuk pemeriksaan identitas warga yang masuk ke Bali. Petugas melakukan pemeriksaan secara seksama baik kendaraan, surat-surat maupun barang.

Sementara itu General Manajer (GM) ASDP Cabang Ketapang-Gilimanuk, Elvi Yoza dikonfirmasi membenarkan kondisi penyeberangan masih normal. Baik di Pelabuhan Ketapang maupun Pelabuhan Gilimanuk menurutnya ramai lancar. “Kita tetap layani 32 kapal,” terang Yozi.

Kendatipun kendaraan pribadi mengalir baik R2 maupun R4, namun menurutnya masih tergolong lancar. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.