BOGOR, BALIPOST.com – BNI menerapkan sistem pengamanan baru untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat bertransaksi menggunakan kartu debit. Yakni dengan mengaplikasikan sistem 3 Domain Secure (3DS).

“3DS merupakan protokol pengamanan yang digunakan oleh bank-bank di seluruh dunia untuk mengotentifikasi transaksi kartu secara online dengan menggunakan real card number dalam bertransaksi online,” kata GM Divisi Manajemen Produk Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies saat Media Gathering di Bagor, Sabtu (5/5).

Corina menuturkan, sistem 3DS ini akan menambah pengamanan transaksi online saat menggunakan Kartu Debit BNI. 3DS juga mampu meningkatkan kepercayaan pemegang Kartu Debit BNI dalam bertransaksi online. “Dengan adanya peningkatan pengamanan ini, kami berharap akan ada peningkatan penggunaan Kartu Debit BNI pada transaksi online. Untuk memanfaatkan sistem 3DS ini, masyarakat sebaiknya segera mengunduh aplikasi transaksi digital BNI atau mobile banking BNI,” lanjut Corina.

Sementara GM Divisi Bisnis Kartu BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, BNI sudah menerapkan 3DS untuk transaksi Kartu Kreditnya sebelum diterapkan pada Kartu Debit. “Keamanan transaksi 3DS Kartu Kredit sendiri sudah dimulai sejak tahun 2012 dan sampai saat ini, transaksi Kartu Kredit BNI khusus di online sudah berkembang dengan growth mencapai 50% setiap tahunnya dalam 2 tahun terakhir,” imbuh Okki.

Baca juga:  BNI Bagi Deviden Rp 4,77 Triliun

Keamanan bertransaksi baik pada saat menggunakan Kartu Debit BNI, Kartu Kredit BNI, maupun aplikasi transaksi online BNI yap!, kata dia, merupakan langkah penting karena produk-produk layanan BNI tersebut merupakan tulang punggung gaya hidup cashless. Terdapat 7 keuntungan bagi masyarakat yang ingin menerapkan gaya hidup cashless, salah satunya meminimalkan kerugian akibat kehilangan.

Kedua, membayar hanya sebesar yang dibeli. Ketiga, menghemat uang karena banyak promo transaksi dari BNI. Keempat, pengeluaran menjadi lebih terukur.

Kelima, menghindari uang palsu. Keenam, hidup menjadi lebih praktis. Ketujuh, jumlah merchant yang menerima transaksi cashless semakin banyak.

Beberapa waktu yang lalu BNI menjadi bank pertama yang menerbitkan Kartu Debit BNI berlogo GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. Langkah ini penting karena salah satu tujuan penerapan GPN pada produk Kartu BNI adalah peningkatan keamanan saat bertransaksi.

Tujuan lain dikembangkannya sistem GPN adalah menciptakan ekosistem yang interkoneksi, interoperabel, dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi pembayaran ritel domestik dengan memperhatikan keamanan, kelancaran, dan efisiensi. Dengan sistem GPN yang lebih terintegrasi, transfer antar bank juga menjadi lebih murah dan semua EDC dapat menerima kartu dari bank manapun. (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.