JAKARTA, BALIPOST.com – Dalam rangka menyambut Pujawali yang ke-20 dan mupuk pedagingan Pura Taman Sari Halim Perdana Kusuma yang jatuh pada Senin (30/4), umat Hindu se-Jabodetabek menggelar ritual Bumi Sudha atau Pecaruan Tawur Manca Sanak Agung. Kegiatan upacara ini bertujuan untuk membersihkan segala isi alam, termasuk pelinggih dari unsur-unsur negatif agar menjadi positif termasuk manusia di dalamnya sehingga terjadi keseimbangan ekosistem.

Kegiatan ini digelar di jaba tengah atau madya mandala pura serta diikuti ratusan umat Hindu. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Ida Pedanda Panji Sogata dari Griya Lenteng Agung dan Ida Pedanda Pasuruhan Sidemahan dari Griya Halim.

Salah satu sesepuh atau pendiri Pura Taman Sari Halim, Marsekal Madya TNI, Purnawirawan Gede Sudana mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mupuk pedagingan yang dilaksanakan setiap dua puluh tahun sekali serta pujawali yang ke-20. Menurutnya upacara Bumi Sudha yang menggunakan Tawur Manca Sanak Agung dan Caru Rsi Ghana bertujuan untuk membersihkan segala isi alam, termasuk pelinggih-pelinggih dan bale sakral dari unsur-unsur negatif.

Baca juga:  Ubung Kaja Upacara Bendera HUT RI ke-72 di Atas Sungai

Karena dalam alam yang ekosistemnya seimbang itulah manusia akan dapat memperoleh kehidupan yang sejahtera, baik lahir maupun bathin. Selain itu tawur ini juga dimaksudkan untuk menetralisir sifat-sifat buruk manusia, seperti emosional, individualisme, iri hati, dan benci dengan seseorang.

Dijelaskan rangkaian upacara yakni ngemargiang pengeresikan, ngemargiang tirta ring masing-masing caru sesuai dengan penjuru atau warna caru, muktiyang caru, ngayabang caru, mesegeh ring sor surya rsi gana, ngayabang banten ring surya rsi gana, mrelina caru atau nyarub caru dan ditutup puja tri sandya serta kramananing sembah. Acara juga diiringi dengan kekidungan, wayang lemah, topeng bondres, gender dan baleganjur. (kmb/balitv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.