NEGARA, BALIPOST.com – Puluhan siswa di dua SD Negeri di Kecamatan Melaya, Jumat (13/4) keracunan setelah minum susu kedelai. Para siswa siswi SD N 1 Ekasari dan SD Negeri 7 Melaya ini minum susu kedelai yang merupakan program sekolah untuk gerakan sehat sebulan sekali.

Sekurangnya 54 siswa dilaporkan mengalami mual dan pusing setelah minum susu yang dikemas dalam botol plastik itu. Dari 50-an siswa itu, 17 diantaranya terpaksa dirujuk ke Puskesmas Melaya untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. “Baru minum setengah botol, lalu mual. Teman-teman juga,” ujar Ananda Visabella salah seorang siswi yang dirawat.

Belasan siswa ini datang secara bertahap sejak pukul 11.00 WITA.

Baca juga:  Direvisi, Ini Nama-nama Desa Masuk KRB Gunung Agung

Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Jembrana I Putu Eka Suarnama membenarkan adanya sejumlah siswa yang dirawat diduga akibat keracunan susu. Dari informasi susu itu diproduksi rumahan di Melaya dan dinas Kesehatan sudah mengecek memastikan higienis.

Kepala Puskesmas Melaya, Ni Komang Yulia Restu Ayu mengatakan keluhan yang dirasakan siswa mual, pusing hingga muntah. Oleh puskesmas langsung ditangani dengan diberikan cairan dan obat.

Menurutnya tidak ada yang rawat inap, semuanya sudah bisa pulang setelah mendapatkan perawatan.

Sementara itu Kapolsek Melaya Kompol Ketut Narma dihubungi terpisah membenarkan adanya kejadian tersebut. Diduga akibat konsumsi susu kedelai (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.