Diakreditasi
Ilustrasi. (BP/dok)

NEGARA, BALIPOST.com – Pelayanan kesehatan khususnya untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada perayaan Hari Raya Nyepi, Sabtu (17/3) nanti akan tetap buka. Hal tersebut bukan saja berlaku di RSU Negara, melainkan juga di puskesmas-puskesmas rawat inap di masing-masing kecamatan.

Dinas Kesehatan Jembrana mengimbau pada setiap unit layanan kesehatan itu tetap dilakukan khususnya yang bersifat darurat. IGD di enam Puskesmas Rawat Inap di lima kecamatan dibuka untuk penanganan awal.

Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, I Putu Suasta dikonfirmasi Senin (12/3) mengungkapkan kendati pelayanan Puskesmas buka, namun hanya untuk pelayanan IGD. Sedangkan pelayanan kesehatan lain seperti poliklinik dan lainnya yang bersifat rawat jalan, tidak buka. Dalam pelayanan Gawat Darurat saat Nyepi itu, Dinas Kesehatan juga sudah mengatur terkait teknisnya, Termasuk, tenaga medis baik dokter maupun perawat yang bertugas.

Baca juga:  Saat Nyepi, Kadar Karbondioksida Turun 50 Persen

IGD ini melayani pasien yang memang perlu mendapatkan penanganan darurat. Namun, Puskesmas maupun RSU tidak melakukan penjemputan menggunakan ambulance. Apabila ada warga yang memerlukan tindakan medis darurat, maka bisa diantarkan pihak keluarga dengan pecalang atau yang berwenang. Namun untuk rujukan, misalnya ke RSUP Sanglah ambulance disediakan. Berkaca pada pengalaman-pengalaman sebelumnya, untuk warga yang sakit dan perlu penanganan darurat diberikan izin untuk melintas. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.