Garam. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Salah satu penyakit mulut yang mengganggu dan sering kali muncul adalah sariawan. Dikatakan mengganggu karena rasa perih dan berdenyut yang berasal dari luka sariawan.

Jika sariawan muncul, cobalah menggunakan lima bahan alami ini untuk membantu penyembuhannya :

1. Garam

Garam merupakan obat terbaik untuk mengobati sariawan, karena garam akan membasmi jamur dan bakteri yang akan menyebabkan peradangan lebih parah ketika sariawan.

Campur ½ sampai 1 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur,lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Bisa juga menaburkan garam pada bagian lidah dan mulut bagian dalam, lalu gosok perlahan selama beberapa detik. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan 2 kali sehari sampai sariawan Anda mereda.

2. Yogurt

Yogurt probiotik mengandung lactobacilli aktif yang dapat menyembuhkan sariawan. Hal ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.

Konsumsi yogurt dua sampai tiga kali sehari selama beberapa minggu. Jika tidak sempat, bisa oleskan yogurt pada lidah dan mulut bagian dalam, lalu gosok perlahan dengan jari. Biarkan selama lima sampai sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal tersebut dua kali sehari.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang ampuh untuk menyembuhkan radang mulut. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak kelapa yang bisa membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit saat sariawan.

Baca juga:  Bahan Alami Atasi Batuk

Dalam sebuah penelitian di Journal of Medicinal Food 2007, peneliti menemukan bahwa minyak kelapa aktif melawan spesies jamur candida yang berbeda. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa di bagian dalam mulut dan lidah menggunakan kapas. Lakukan rutin selama satu minggu.

4. Cuka apel

Cuka apel mengandung enzim yang dapat mengontrol infeksi jamur candida.Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Prosthodontics, cuka apel memiliki sifat antijamur terhadap spesies candida.

Campurkan 2 sendok teh cuka apel mentah yang tidak disaring dan ½ sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur, lakukan rutin sampai Anda merasa ada perubahan.

Bisa juga dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka apel mentah yang tidak disaring dengan ½ sendok teh garam dalam secangkir air hangat, minum dua kali sehari.

5. Tea tree oil

Tea tree bekerja efektif untuk mengobati sariawan. Hal ini karena tea tree oil memiliki sifat anti jamur yang kuat dan membantu proses pemulihan lebih cepat.

Dalam sebuah penelitian tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, para peneliti menemukan efek antijamur pada tea tree dan komponen di dalamnya akan sangat efektif untuk membasmi candida albicans. (Goes Arya/balipost)

Sumber : Okezone

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.