Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bahan-bahan alami dari alam memiliki kandungan yang dapat dijadikan sebagai masker wajah. Namun, jangan sembarangan mencampurkan bahan. Ada beberapa tanaman atau bahan alami yang dapat membuat kulit menjadi bagus.

Berikut beberapa masker wajah buatan sendiri yang menggunakan bahan alami, dilansir dari Cosmopolitan :

1. Masker Wajah untuk Kulit Kusam

Masker wajah ini hanya membutuhkan dua bahan, yaitu teh hijau dan raspberry, yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit kusam. Kamu bisa menyeduh teh hijau dalam air mendidih selama dua menit dan potong kantong teh. Serbuk-serbuk yang ada di dalam kantong teh tersebut dicampurkan dengan raspberry. Kemudian, ratakan pada kulit dan biarkan selama 15 menit.

2. Masker Wajah untuk Garis Halus dan Kerutan

Pisang mengandung potassium, vitamin B-6, vitamin C, dan vitamin A, yang bagus untuk melembabkan, mencerahkan, dan menghilangkan garis-garis halus untuk sementara. Pisang dapat dikombinasikan dengan madu, yogurt, dan kunyit, untuk mendapatkan hasil yang mencerahkan.

Baca juga:  Kasus COVID-19 di Bali Bertambah 1 Digit

3. Masker Bawah Mata untuk Menghilangkan Lingkaran Hitam

Untuk kamu yang ingin menghilangkan mata bengkak atau lingkaran hitam di bawah mata, kamu bisa menggunakan masker kopi. Kafein dalam kopi bubuk memiliki kemampuan menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Campurkan kopi dan madu, kemudian oleskan campuran tersebut di bawah mata. Biarkan selama 10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Masker Wajah untuk Eczema

Resep masker wajah kali ini digunakan untuk mengatasi kulit iritasi, sensitif, dan rentan eczema. Bahan utamanya adalah oatmeal yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit kering dan mengangkat sel kulit mati. Campurkan oatmeal dan madu antibakteri untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, kamu bisa mencampurkan gula tebu dan madu. Madu memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan. Campurkan kedua bahan tersebut dan gosokkan di sepanjang bibir. Diamkan selama lima menit, kemudian bilas. Jangan lupa untuk menggunakan lip balm setelahnya.

Baca juga:  Disiplinkan Warga Pakai Masker, Satpol PP Sasar Pasar dan Tempat Wisata

6. Masker Wajah untuk Kulit Lelah

Untuk kamu yang memiliki kulit mati, kamu dapat menggunakan masker ini untuk mendinginkan, menenangkan, dan membuat kulit menjadi bagus. Campurkan Greek yogurt, oatmeal, dan madu. Greek yogurt memiliki kandungan asam laktat yag membantu melembutkan kulit dan probiotik yang mampu meredakan peradangan.

7. Masker Wajah untuk Kulit Berjerawat

Untuk mengatasi kulit berjerawat, kamu bisa menggunakan campuran lidah buaya dan minyak pohon teh. Minyak pohon teh merupakan antibakteri alami yang dapat menangkal jerawat. Sementara itu, lidah buaya dapat menghidrasi dan menenangkan kulit yang iritasi dan pecah-pecah.

8. Masker Wajah untuk Komedo

Masker ini menggunakan campuran air, agar-agar tanpa rasa, dan arang. Arang berfungsi sebagai magnet alami untuk membantu menarik dan menyerap kelebihan minyak dari kulit. Sebaiknya gunakan masker ini hanya pada area hidung karena masker ini dapat mengering.

9. Masker Wajah untuk Antiiflamasi

Baca juga:  Kesembuhan Pasien COVID-19 di Denpasar Capai 94,89 Persen

Campuran lidah buaya dan bubuk teh hijau dapat digunakan untuk masker antiinflamasi. Lidah buaya secara alami dapat menenangkan dan melembapkan kulit secara ringan. Sementara bubuk teh hijau memiliki sifat mengurangi kemerahan dan antiinflamasi.

10. Masker Wajah untuk Kulit Kering

Alpukat memiliki kandungan asam lemak, yang membantu menenangkan dan melembapkan kulit kering. Campurkan alpukat dengan madu, yang merupakan pelembap dan astringen alami untuk mengobati jerawat dan kondisi kulit yang meradang tanpa mengeringkan atau mengiritasi kulit.

11. Masker Wajah untuk Bintik Hitam

Kunyit merupakan antioksidan dan antiinflamasi yang digunakan untuk mencerahkan kulit. Campurkan kunyit dan yogurt untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Menambahkan yogurt atau minyak dapat menghindari warna kuning dari kunyit.

12. Masker Wajah untuk Kulit Berminyak

Untuk mengatasi kulit berminyak, kamu bisa menggunakan campuran putih telur dan lidah buaya. Putih telur mengandung bakteri alami yang dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat sambil menyerap minyak berlebih. (kmb/balipost)

BAGIKAN