Megawati memberikan salam tiga jari, Minggu (18/2). (BP/har)

JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku senang dengan pilihannya. Ia mendapat nomor urut 3 pada Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 201 yang diselenggarakan KPU RI di Jalan Imam Bonjol No.2 , Menteng, Jakarta Pusat, Minggu malam (18/2).

Usai menghadiri pengundian nomor urut, Megawati kemudian menemui ratusan pendukungnya yang sudah menanti di posko dan panggung yang didirikan PDIP yang lokasinya tepat berdampingan dengan Kantor KPU RI. Bagi Megawati, nomor urut 3 dari undian yang dipilihnya penuh kebahagiaan. “Mengapa saya mengatakan kebahagiaan karena alhamdulillah kita telah dapat menarik nomor tiga. Dan saya sangat senang sekali nomor 3 itu. Karena adalah nomor ketika kita sedang berjuang, jadi namanya itu metal,” ujarnya dihadapan ratusan pendukungnya yang setia menanti hingga pengundian berakhir.

Di era Orde Baru, ketika jumlah partai hanya berjumlah tiga. PDI Perjuangan yang ketika itu masih memiliki nama PDI merupakan partai nomor urut 3. Hingga terjadi insiden perebutan paksa kursi Ketua umum PDI oleh kubu Suryadi pada 27 Juli 1998 atau dikenal dengan Kudatuli (Kerusuhan 27 Juli).

Baca juga:  Usai Diumumkan, Koster - Cok Ace Sembahyang di Gunung Salak

Menurut Megawati, nomor 3 bila dilambangkan melalui simbol di jari dapat diartikan metal. Nama metal, identik dengan aliran musik keras anak-anak muda atau generasi milenial dengan menunjukkan 3 jari yaitu jempol, telunjuk dan kelingking. “Tiga itu adalah metal, Banteng menang, menang total. Jadi itu tolong disebarkan karena pasti kalau namanya Banteng pasti tahu yang namanya metal karena dulu kita dengan nomor 3 selalu mengatakan metal, PDI Perjuangan menang. Menangnya itu tiga,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap nomor urut 3 ini bisa menjadi modal dasar yang baik bagi perjuangan PDIP untuk kembali menang pada Pemilu 2019 kali ini. “InsyaAllah kalau kita kerja keras dan saya sangat yakin semua bisa kerja keras untuk memenangkan Pilkada 2018 ini, lalu menuju ke Pemilihan Legislatif dan yang terutama untuk Pemilihan Presiden untuk kita bisa menang kembali,” tegasnya. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.