Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta membuka Porsenijar Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Banjarangkan di Balai Banjar Pagutan, Desa Banjarangkan, Selasa (6/2). (BP/adv)

POTENSI Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Klungkung dalam bidang atletik maupun kesenian cukup besar. Bahkan beberapa diantaranya sudah mampu tampil dalam berbagai kejuaraan dan event hingga menorehkan prestasi gemilang. Hal tersebut menjadi perhatian untuk terus diberikan pembinaan.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta saat membuka Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Banjarangkan di Balai Banjar Pagutan, Desa Banjarangkan, Selasa (6/2).

Wabup asal Desa Akah, Kecamatan Klungkung ini menyatakan Porsenijar menjadi salah satu bentuk perhatian terhadap atlet maupun seniman. Melalui itu, akan muncul bibit potensial yang mampu tampil pada ajang lebih tinggi. Selain itu, juga untuk melakukan evaluasi kegiatan olahraga dan seni yang selama ini dibina di masing-masing sekolah untuk menunjukkan prestasi terbaiknya. “Prestasi tidak tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi prestasi akan didapatkan melalui latihan yang rutin, sistematis dengan disiplin yang tinggi” ujarnya.

Upaya pembinan sudah diperintahkan langsung ke UPT Dinas Pendidikan Kecamatan beserta jajarannya. “Dengan pembinaan dari tingkat dasar, akan mampu memunculkan SDM yang potensial. Ini juga untuk mewujudkan masyarakat Klungkung yang unggul dan sejahtera,” tegasnya.

Ketua Panitia Wayan Dhiantara pada event tersebut, diwarnai berbagai perlombaan. Bidang olahraga yang berlangsung 7 sampai 9 Februari meliputi  lari 60 M putri dan 80 M putra, tenis meja putra, lompat tinggi, lompat jauh, dan tolak peluru kategori putra dan putri. Bidang kesenian yang berlangsung 13 sampai 15 Februari, yakni tari pendet putri, tari baris tunggal putra, menyalin huruf latin ke aksara Bali, melukis, masatua Bali, macepat kategori putra dan putri, serta lomba seni lainnya seperti pantomim, menyanyi solo, baca puisi, bercerita Bahasa Indonesia dan Dharma Wacana Agama Hindu.

Baca juga:  Peralihan Pengelolaan SMA dan SMK, Tunggu Kesiapan SDM Provinsi

“Bidang atletik berlangsung di Lapangan Umum Banjarangkan dan Lapangan Pau Desa Tihingan, catur di SDN 1 Takmung, tenis meja di GOR Ikada Koripan Banjarangkan. Untuk seni, tari putra dan putri serta menyanyi solo diadakan di Balai Banjar Pagutan Desa Banjarangkan, dan untuk sni bidang menyalin, melukis, mesatua, macepat, pantomim, baca puisi, bercerita bahasa indonesia dan Dharma Wacana bertempat di SDN 3 Banjarangkan,” bebernya.

Peserta yang akan memperbutkan juara mencapa 415 orang, perwakilan 6 gugus SD di Kecamatan Banjarangkan dengan rincian peserta bidang olahraga 205 orang, dan bidang seni 210 orang. Dana kegiatan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Klungkung tahun 2018. Juara 1 dan 2 masing-masing kategori akan mewakili Kecamatan Banjarangkan pada Porsenijar di Tingkat Kabupaten. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.