Petugas BPBD Buleleng melakukan evakuasi pohon yang menimpa 3 rumah di kawasan Lovina. (BP/mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Tiga rumah di Desa Kalibukbuk, Lovina, Kecamatan Buleleng rusak setelah tertimpa pohon, Kamis (11/1). Pohon dengan tinggi sekitar 18 meter dan diameter batang pohonnya mencapai 50 centimeter itu tumbang akibat angin kencang.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun tiga rumah tersebut mengalami kerusakan serius.

Salah satu pemilik rumah Budi Adnyana, menuturkan sebelum kejadian dirinya berada di Kota Singaraja. Sekitar pukul 07.00 Wita, salah seorang keluarga yang menempati rumah yang difungsikan sebagai toko peralatan listrik itu menginformasikan bahwa rumahnya tertimpa pohon tumbang.

Setelah dicek, ternyata rumahnya memang tertimpa pohon. Petugas BPBD Buleleng sudah mengevakuasi batang pohon yang merusak rumahnya itu. “Angin kencang sejak pagi dan pohon itu saya temukan sudah dipotong-potong oleh petugas BPBD,” katanya.

Baca juga:  Angin Kencang Terjang Enam Rumah di Air Kuning

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Made Subur mengatakan, untuk sementara pihaknya sudah mendata pemilik rumah yang rusak akibat pohon tumbang tersebut. Dari pendataan sementara, satu rumah kategori rusak berat dan dua lainnya rusak ringan. Ketiga rumah itu diperkirakan kerugiannya sekitar Rp 30 juta.

Subur mengatakan untuk menghindari kejadian serupa, sisa batang pohon yang masih berdiri langsung ditebang. Kalau sisa pohon itu dibiarkan, dikhawatirkan akan mengancam rumah, toko dan beberapa restoran di sekitar lokasi. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.