TUBAN, BALIPOST.com – Permukiman kumuh padat penduduk di Kabupaten Tuban kini nampak indah setalah disulap menjadi kampung warna-warni. Kampung yang berada di pusat kota ini terlihat menarik karena banyak warna yang menghiasi setiap dinding rumah warga, termasuk fasilitas publiknya.

Kampung itu terletak di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Tuban, Jawa Timur. Kampung yang dulunya dikenal kumuh ini kini telah berbenah menjadi kampung warna yang bersih dan asri.

Berangkat dari kesadaran masyarakat, kampung yang berada di pusat kota ini kini telah disulap menjadi kampung sejuta warna. Mulai masuk wilayah kelurahan, bermacam aneka warna telah menghiasi dinding bagian luar rumah penduduk setempat.

Kini, kampung itu telah berubah menjadi kampung idola. Tak hanya melakukan pengecatan pada rumah, sejumlah warga yang sebagian besar generasi muda ini menyulap sebuah tempat pembuangan sampah menjadi taman yang bisa digunakan warga sekitar untuk bersantai.

Baca juga:  Warga Perumnas BB Agung Sulap Kampungnya Jadi Bali

Bahkan, ada juga tempat selfie dengan dihiasi latar belakang gambar atau hiasan yang sangat menarik.

Menurut Ketua RT, Widodo, awal mula pembuatan kampung warna ini berangkat dari kesadaran masyarakat setempat dalam melihat kondisi kampungnya yang kumuh. Setelah diadakan rapat akhirnya warga sepakat untuk berubah menjadi kampung sejuta warna.//

Tak hanya sekedar mengecat, warga juga membuat hiasan seperti ornamen-ornamen untuk mempercantik kampung sejuta warna tersebut. Saat ini warga juga masih terus mengerjakan pengecatan dengan target seluruh rumah warga di Kelurahan Karangsari. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.