TUBAN, BALIPOST.com – Libur panjang Natal dan Tahun Baru membawa berkah tersendiri bagi pedagang ikan asap di jalur Pantura Tuban, Jawa Timur. Mereka panen karena berbagai jenis ikan asap yang dijual laris manis diserbu pelancong yang kebetulan melintas untuk oleh-oleh kerabat di rumah.

Omzet pedagang meningkat drastis tiga kali lipat, mencapai satu juta rupiah per hari. Sentra pedagang ikan asap di sepanjang jalur Pantura turut merasakan berkah selama libur panjang.

Selain dari wilayah Jatim, para pengunjung juga berasal dari luar kota. Antara lain Jakarta, Cirebon, Cilacap, dan berbagai daerah lain di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Mereka tertarik berhenti karena tergiur berbagai jenis ikan asap yang dijual sepanjang jalan.

Baca juga:  Pemkot Denpasar Diminta Tender Ulang Pembangunan Pasar Badung

Salah satu pembeli ikan asap, Nita asal Bojonegoro mengatakan memilih singgah sejenak karena lokasinya yang tepat berada di pinggir jalan. Ikan yang dibeli akan diberikan pada sanak keluarga di rumah sebagai oleh-oleh.

Ramainya pembeli menyebabkan omzet penjual ikan asap naik drastis. Menurut Rumiah, salah satu pedagang, jika hari biasa hanya mampu meraup omzet rata-rata Rp 350 ribu, kini meningkat tiga kali lipat, yakni satu juta rupiah.

Para pedagang menyediakan berbagai jenis ikan asap, mulai dari ikan tuna, salmon, tongkol, hingga kakap. Harganya pun bervariasi, mulai dari 5 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah, tergantung ukuran dan jenis ikan. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.