Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono bersama rombongan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Tabanan. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Puncak peringatan Hari Juang Kartika jatuh pada 15 Desember 2017. Sehari sebelumnya tepatnya, Kamis (14/12), Kodam IX/Udayana melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan.

Ziarah tersebut salah satu wujud realisasi dimana bangsa yang besar adalah bangsa yang senantiasa menghormati jasa-jasa para pahlawannya. Kodam pun senantiasa menggelorakan dan mengabadikan semangat kepahlawanan, jiwa patriotsme para perjuang pendahulu kepada generasi penerusnya.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf J. Hotman Hutahaean melaui siaran persnya mengatakan, sebagai pimpinan ziarah yaitu Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, mewakili Pangdam Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak. Rombongan mengawali kegiatan yaitu penghormatan umum kepada arwah para pahlawan sebagai wujud penghormatan terhadap segala pengorbanan jiwa raga tanpa pamrih.

Baca juga:  Pangdam : Aktivitas Galian C di KRB Segera Ditutup

Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan serta memohon restu untuk mewarisi jiwa patriotisme dan kepahlawanan beliau.
“Setelah itu, Bapak Kasdam meletakkan karangan bunga pada Candi Induk dan melaksanakan tabur bunga diikuti oleh para pejabat dan peserta upacara,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut sebagai wujud penghargaan, kebulatan tekad dan komitmen untuk melanjutkan cita-cita serta perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan yang telah diprogramkan untuk kesejahteraan rakyat.

“Ziarah ini memiliki arti penting untuk memberikan, penghormatan, penghargaan dan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa raga demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus memohon restu untuk melanjutkan perjuangan, mewarisi jiwa patriotisme dan kepahlawanan beliau,” ujar Kapendam. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.