Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Tradisi Korps Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana dilaksanakan di Hall Makodam, Kota Denpasar, Selasa (20/9). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Tradisi Korps Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana dilaksanakan di Hall Makodam, Kota Denpasar, Selasa (20/9). Sertijab Kasdam IX/Udayana dari Brigjen TNI Harfendi kepada Brigjen TNI Sachono dipimpin Pangdam, Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Sertijab ditandai dengan penanggalan dan penyematan tanda jabatan. Dilanjutkan dengan laporan resmi dan penandatanganan berita acara Sertijab dari Brigjen TNI Harfendi kepada Brigjen TNI Sachono.

Usai Sertijab dilanjutkan acara pisah sambut di Aula Makodam IX/Udayana. Pangdam dalam sambutannya mengatakan bahwa jabatan Kepala Staf Kodam IX/Udayana bertugas membantu pangdam dalam mengkoordinasikan staf kodam, mengatur, mengawasi, dan mengendalikan segala kegiatan.

Baca juga:  Miliki Potensi e-Sports, Tim dari SMAN 1 Negara Raih Juara II di Kompetisi Nasional

Selain itu menentukan tata cara kerja pada umumnya hingga menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Pangdam sesuai bidang tugasnya. “Jabatan yang telah dipercayakan ini adalah sebuah penghargaan dan amanah yang harus dijalankan dengan sebaik mungkin serta dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Mayjen Sonny yakin dan percaya dengan berbekal wawasan serta pengalaman yang dimiliki pejabat baru akan mampu menjaga komitmen untuk melanjutkan pondasi yang telah diletakkan oleh pejabat lama. Termasuk mendukung program-program yang telah digariskan pada saat ini dan dimasa yang akan datang.

Baca juga:  Geliatkan Seni Rupa di Bali, UOB Gelar Seminar

Lebih lanjut, jenderal bintang dua ini menyampaikan, terkait program pompa hidram yang dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana, tahun 2022 ini telah membangun sebanyak 117 titik. Diharapkan pada akhir tahun nanti seluruhnya sudah dapat diresmikan dan dioperasikan, sementara untuk tahun berikutnya akan direncanakan kembali.

“Dalam waktu dekat nanti, Kodam IX/Udayana juga akan melaksanakan tugas bersekala internasional yang merupakan pertaruhan harga diri Bangsa Indonesia, yaitu pengamanan Presidensi KTT G20 pada November mendatang. Dalam even tersebut, Kasdam IX/Udayana bertindak sebagai Dansatgas Evakuasi guna mendukung kelancaran dan kesuksesan kegiatan,” tegas Mayjen Sonny.

Baca juga:  Bali Magnet Jutaan Wisatawan, Kodam Gelar Gladi Rentinkon

Mengakhiri sambutannya, Pangdam Sonny kembali mengucapkan terima kasih kepada Brigjen TNI Harfendi beserta keluarga, atas kerja sama dan dedikasinya dalam melaksanakan tugas sebagai Kasdam IX/Udayana selama ini. “Semoga lebih sukses lagi dalam berkarier di tempat tugas yang baru. Semoga pengalaman di Kodam IX/Udayana dapat dijadikan bekal untuk mengemban tugas dan tanggung jawab berikutnya,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN