DPR
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Jakarta Pusat, Rabu (6/12). Komisi I DPR memutuskan menyetujui Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang diajukan Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang.(BP/ADE)
JAKARTA, BALIPOST.com- Komisi I DPR memutuskan menyetujui Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Keputusan ini diambil secara akmalasi, tidak ada satupun fraksi yang menolak Calon Panglima TNI yang diajukan Presiden Jokowi itu.

“Setelah melaksanakan fit and proper test serta mendengarkan pandangan seluruh fraksi, maka rapat hari Rabu, memberikan persetujuan terhadap. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI,” ucap Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari di ruang Komisi I DPR, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/12).

Keputusan itu disambut tepuk tangan anggota Komisi I DPR dan jajaran perwira TNI yang mendampingi Hadi Tjahjanto. Dalam keputusan itu, Komisi I juga sekaligus menerima pemberhentian Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI.

“Setelah persetujuan ini, Hadi Tjahjanto akan disetujui dalam sidang paripurna DPR. Namun agendanya belum diketahui pasti, besok atau lusa. “Lebih cepat lebih baik,” imbuh Kharis.

Baca juga:  Produk Legislasi Tak Maksimal, DPR Tak Lagi Kejar Target

Komisi I menilai sosok lulusan Akademi Militer (Akmil) Angkatan Tahun 1986 itu sanggup memimpin TNI mengantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada April 2018.

Saat keluar dari ruang rapat Komisi I, Hadi Tjahjanto disambut oleh para anggota TNI yang sudah menunggu. Ia diarak menuju pintu keluar Komisi I oleh sejumlah anggota TNI sambil bersorak dan mengucapkan selamat kepada pimpinan barunya itu. Hadi pun membalasnya dengan tersenyum ceria dan mengucapkan terima kasih.

Usai diarak, Hadi lalu bersalaman dengan para anggota TNI tersebut. Tak lupa ia juga sesekali melempar senyum kepada awak media yang mengabadikan momen tersebut. (hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.