Tangkapan layar Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan HUT Ke-86 Perum LKBN ANTARA saat dia ditemui pada sela-sela kegiatannya di Jakarta. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Untuk mengisi jabatan-jabatan strategis, diantaranya panglima daerah militer (pangdam) dan kepala pusat penerangan (kapuspen) TNI, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memutasi, merotasi, dan memberikan promosi kepada 183 perwira tinggi. Kebijakan itu tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 yang diteken oleh Agus Subiyanto di Jakarta, Senin (18/12), sebagaimana dibenarkan oleh Pusat Penerangan TNI, dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa (19/12).

Dalam SK itu, Laksamana Muda TNI Julius Widjojono yang semula menjabat kepala pusat penerangan TNI dimutasi menjadi staf khusus kepala staf TNI Angkatan Laut (kasal). Penggantinya, Brigjen TNI R. Nugraha Gumilar yang sebelumnya menjabat perwira staf ahli kepala staf TNI Angkatan Darat (kasad).

Baca juga:  PAS-Sutjidra Bersiap Gulirkan Mutasi

Kemudian, beberapa posisi pangdam juga diganti. Mayjen TNI Widi Prasetijono yang sebelumnya menjabat Pangdam IV/Diponegoro mendapatkan promosi sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Dankodiklatad).

Panglima menunjuk Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabadiklat) Kementerian Pertahanan RI, sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

Kemudian, Mayjen TNI Totok Imam, yang sebelumnya Pangdam XIV/Hasanuddin kena rotasi sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan. Pangdam XIV/Hasanuddin pun diisi oleh Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, yang sebelumnya menjabat Komandan Sekolah Calon Perwira TNI AD (Dansecapaad).

Kemudian, dari jajaran perwira tinggi bintang tiga, Panglima memutasi Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto, yang saat ini menjabat Sekretaris Jenderal Kemhan RI, kembali ke Markas Besar TNI AU sebagai perwira tinggi dalam rangka pensiun.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Tunjukkan Kenaikan, Jokowi Sebut Masih Terkendali

Kemudian, Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah, yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, saat ini mengisi posisi sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Maman bertukar posisi dengan Letjen TNI Eko Margiyono, yang sebelumnya mengisi Dankodiklat TNI, saat ini menjadi Wagub Lemhannas.

Akan tetapi, Maman dan Eko masih menunggu keputusan dari presiden sebelum resmi mengisi posisi barunya itu.

Dalam SK itu, Panglima TNI juga merotasi sejumlah perwira tinggi di lingkungan Badan Intelijen Negara (BIN). Beberapa di antaranya, yaitu Brigjen TNI Sunaryo, yang sebelumnya menjabat Direktur Amerika dan Eropa BIN, saat ini menjadi Agen Intelijen Ahli Madya Direktorat Asia Pasifik BIN.

Baca juga:  26 Napi Terima Remisi Khusus, Seorang Langsung Bebas

Kemudian, Brigjen TNI Andrianus Suryo Agung N, yang sebelumnya menjabat Direktur Maluku dan Papua BIN, saat ini menjadi staf ahli bidang ideologi dan politik BIN.

Kolonel Chb I Wayan Sueda pun menerima posisi sebagai Direktur Maluku dan Papua BIN.

Brigjen TNI Leo Rajendra Ratna Begum, yang sebelumnya mengisi jabatan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kalimantan Timur, juga dimutasi sebagai agen intelijen ahli madya pada Direktorat Maluku dan Papua BIN.

Kolonel Inf. Bobby Prabowo, yang sebelumnya menjabat Kasubdit Sulawesi Wilayah II BIN, menerima promosi sebagai Direktur Sulawesi dan Nusa Tenggara BIN. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN