NIAS, BALIPOST.com – Kekayaan bahari Indonesia tidak ada habisnya mempesona para wisatawan mancanegara. Kali ini resonansinya akan terasa di Pulau Nias. Yang penasaran, silakan datang ke Nias. Ada Festival Bahari Nias 2017 yang sudah siap menyapa, 1-4 Desember 2017.

”Berbagai atraksi budaya serta turnamen bahari kami gelar di Festival Pesona Nias 2017. Silakan datang dan nikmati keindahan alamnya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten  Nias, Kharisman Halawa, Jumat (1/12).

Yang datang, dijamin bakal happy. Karena di Nias, seluruh wisatawan akan di-drive untuk mengeksplor kawasan Sömi, Bozihöna, Onolimbu, dan Nalawö (SOZIONA). Inilah surga tersembunyi di Nias.

Di kawasan ini, wisatawan bisa menikmati bentangan pasir putih, air laut yang jernih dan terumbu karang yang masih asri dengan ikan-ikan karang indah berwarna-warni. Pantainya juga ditopang dengan lima gugusan pulau berukuran kecil dan 6 spot diving dan sarana snorkeling dengan kondisi terumbu karang yangmasih baik.

Baca juga:  Jurnalis Agar Beristirahat Sebelum Divaksinasi Kedua

Yang hobi foto dan berselfie ria, di sini juga surganya. Di salah satu spot, Anda akan bisa dengan mudah menjumpai bentangan pantai dan padang rumput yang luas dengan puluhan ekor kerbau yang sedang merumput di sana. “Pada saat ini Pemerintah Kabupaten Nias telah menetapkan SOZIONA sebagai kawasan strategis, ekonomi langsung cepat tumbuh. Di sana kami memprioritaskan pembangunan di bidang pariwisata dan perikanan,” terang Kharisman.

Karena digelar di tempat istimewa, rangkaian evennya diset sangat paten. Dari mulai kompetisi olahraga ketangkasan air, pegelaran senibudaya, berbagai lomba-lomba dan berbagai kegiatan lainnya, semuanya ada. Dan semuanya dipusatkan di kawasan SOZIONA.

Selain itu Festival Kuliner juga akan menjadi magnet tersendiri. ”Akan banyak keseruan nantinya, kalau festival budaya Nias sih pasti keren lah, tidak usah ragu lagi. Nanti ada juga Festival Layang-Layang, Lomba Lari Pantai 5k yang akan membawa peserta menyusuri pantai-pantai indah di Nias. Ada juga Lomba Vokal Grup Nias Pulau Impian yg bertujuan membumikan pariwisata kepulauan Nias di kalangan pemuda Nias. Tak ketinggalan Festival Kuliner wisatawan akan ketagihan kuliner Nias. Kami jamin Wonderful Indonesia akan terus terlihat di acara kami ini,” ujar Kharisman.

Baca juga:  Dukung Annual Meeting IMF WBG 2017, Kemenpar Siapkan 60 Paket Wisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengucapkan selamat dan sukses atas Festival Bahari Nias 2017 itu. Wisata bahari dengan sentuhan budaya atau culture, diyakini akan membuat Pulauan Nias semakin populer.

Apalagi, Nias itu sudah ngetop sebagai surganya penggemar surfing dunia. “Di sana ada The Point dan Indicator, dua spot surfing yang sudah cukup dikenal dengan gulungan ombak yang menantang adrenalin. Sekarang tambah satu lagi kawasan SOZIONA. Ini sangat bagus, tinggal promosikan ke market yang senang dengan wisata bahari,” kata Menpar Arief Yahya.

Baca juga:  Sebelum Saksikan Slank di Atambua, Tengok Pantai Pasir Putih Atapupu

Untuk wisata bahari, Nias memang sudah sangat oke. Saking okenya, Nias diyakini bisa mengikuti ‘jejak’ Bali yang awalnya dikenal sebagai destinasi selancar. “Turis Australia menemukan Pantai Kuta, Bali dan berselancar di sana. Dari mulut ke mulut, lokasi selancar di Kuta itu jadi terkenal di Australia dan kini jadi ikon Bali. Nias juga bisa seperti itu. Terlebih, arena surfing di Nias jauh menantang. Spot diving dan snorklingnya juga sangat oke. Selamat berfestival! Salam Wonderful Indonesia!” ujar Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *