Sejumlah siswa SD sedang mengamati Gunung Agung. Foto diambil Selasa (28/11). (BP/edi)
AMLAPURA, BALIPOST.com – Peningkatan aktivitas Gunung Agung yang terjadi belakangan ini menyebabkan status gunung tertinggi di Bali itu naik lagi ke level IV (Awas). Namun, warga yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) ada yang beraktivitas seperti biasa.

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga yang berada di KRB II di Desa Amerta Bhuana mulai terlihat sepi. Meski bagitu, masih ada terlihat sejumlah warga yang melakukan aktivitas seperti biasa. Sejumlah warung juga terlihat buka.

Sementara di Desa Sebudi juga masih berseliweran sejumlah warga. Tak hanya warga setempat, sejumlah wisatawan asing juga terlihat menaiki sepeda motor menuju ke Pasar Agung. Terlihat juga warga yang kembali kerumah mereka dari pengungsian untuk mengambil barang-barang yang dibutuhkan untuk dibawa kepengungsian. Setelah barang sudah di dalam mobil, mereka langsung bergegas menuju pengungsian di Desa Rendang.

Baca juga:  Gunung Agung Meletus Freatik, Informasi Badung Aman Disebarkan

Adanya suara gemuruh yang terus keluar dari kawah Gunung Agung tak membuat warga mengungsi. Sejumlah warga bahkan menuju ke Sebudi untuk mendengarkan gemuruh tersebut dari jarak yang lebih dekat. “Mau ke Sebudi mendengar gemuruh dari Gunung Agung,” ucap singkat salah seorang warga.

Sementara untuk galian C di Sebudi memang sudah tidak terlihat lagi aktivitas. Alat berat yang sebelumnya ada di galian, semuanya sudah tidak ada dan ditempatkan di gudang yang ada timur galian C. Termasuk truk pengangkut pasir yang sebelumnya masih ramai, kini satupun tidak ada lagi.

Warga Banjar Sebudi, Desa Sebudi, Selat, Karangasem, Selasa (28/11) Mangku Darma mengungkapkan, jika penambangan galian C sudah tidak beraktivitas lagi sejak Senin. “Alat berat sudah ditaruh di gudang sebelah timur galian. Sekarang sama sekali tidak ada aktivitas,” tegasnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.