Bunda PAUD Klungkung, Ny. Ayu Suwirta (dua dari kanan) menerima penghargaan tingkat nasional. (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kepedulian terhadap dunia pendidikan khususnya Anak Usia Dini (PAUD) mengantarkan Bunda PAUD Klungkung, Ny. Ayu Suwirta meraih penghargaan tingkat nasional dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  Penghargaan ini juga diraih setelah sebelumnya keluar sebagai juara I dalam Lomba Bunda PAUD tingkat Provinsi Bali Tahun 2017.

Mendapat penghargaan bergengsi itu, Ayu Suwirta menyampaikan terima kasih dan rasa syukur. Menurutnya, ini diraih berkat dukungan dan kerjasama semua pihak yang ikut bersama-sama dan mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Klungkung. “Terimakasih kepada Pemerintah, Dinas Pendidikan, Himpaudi, IGTKI serta semua pihak dan masyarakat yang sama-sama peduli pendidikan di Kabupaten Klungkung,” ujar usai menerima penghargaan di Ballroom Hotel Allium Kota Tangerang, Provinsi Banten, Senin (20/11).

Disebutkan, salah satu dasar diraihnya penghargaan ini adalah adanya perhatian langsung kepada dunia pendidikan dasar khususnya PAUD. Hal tersebut salah satunya ditunjukkan saat mendampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam program bedah desa. Melalui itu, kondisi dan kebutuhan sekolah dapat diketahui. “Dengan turun langsung kita tahu bagaimana kondisi sekolah PAUD yang sesungguhnya,” sebutnya.

Langkah tersebut juga akan mempermudah dalam melakukan evaluasi dan verifikasi data dan kebutuhan sekolah. Pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu bersama – sama memiliki rasa kepedulian dan komitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. “Kemajuan pendidikan merupakan komitmen bersama,” terangnya.

Baca juga:  Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Klungkung Gelar Pasar Murah

Bunda PAUD Indonesia, Ny. Hj. Iriana Joko Widodo menyampaikan anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa. Untuk itu perhatian terhadap tumbuh kembang mereka sangat dibutuhkan. “Sebagai generasi penerus bangsa tumbuh kembang anak perlu diperhatikan,” ujarnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menyatakan pemberian penghargaan tersebut serangkaian peringatan hari anak universal dunia. Ini sebagai bukti kepedulian terhadap dunia pendidikan dan kepedulian terhadap perkembangan anak-anak sebagai aset bangsa. “Rangkaian kegiatan ini telah dimulai pada peringatan hari anak nasional tahun 2017,” sebutnya.

Sebelumnya, serangkaian pemberian penghargaan ini juga digelar seminar dan lokakarya (Semiloka) PAUD Tingkat Nasional tahun 2017 di Gedung Ahlakul Karimah Puspem Kota Tangerang. Semiloka dengan tema PAUD Berkualitas Universal Kunci Keberhasilan Masa Depan dihadiri penerima anugerah PAUD Tingkat Nasional tahun 2017, Guru dan pengelola lembaga PAUD serta pemangku kepentingan terkait.

Sementara itu, prestasi lainnya juga diraih PAUD Kabupaten Klungkung. Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Made Sukada menyampaikan slah satunya berupa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Taman Kanak-kanak Widya Kumara Desa Dawan Klod berhasil meraih peringkat II dalam lomba UKS tingkat Provinsi Bali tahun 2017. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.