Sikat gigi. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Salah satu kebiasaan sehari-hari yang akrab dari hidup manusia adalah menyikat gigi. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar, ataupun memilih sikat gigi yang benar.

Apalagi dengan makin banyaknya varian sikat gigi di pasaran. Orang memang makin leluasa untuk memilih, tetapi juga makin bingung. Berikut tips untuk memilih sikat gigi, dikutip klikdokter.com :

1. Desain sikat gigi yang digunakan harus sesuai dengan bentuk rahang dan gigi Anda. Untuk kepala sikat, pilihlah ukuran kecil dengan bentuk tidak melebar dan mengecil di ujung.

2. Selain itu, tipe bulu sikat gigi juga harus diperhatikan. Pilih permukaan bulu sikat yang datar agar Anda mudah memosisikan bulu sikat pada perbatasan gusi dan gigi (saku gigi).

3. Perlu juga dicermati ujung bulu sikat gigi yang hendak dibeli. Usahakan untuk memilih ujung bulu sikat yang tipis dan halus (micro bristles) agar mampu membersihkan plak gigi yang menumpuk di saku gusi.

Baca juga:  Cara Mudah Mengatasi Banyak Serangga di Dapur

4. Setelah itu, Anda perlu mengetahui metode sikat gigi yang efektif. Lamanya waktu menyikat gigi yang dianjurkan adalah dua menit. Jadi tak perlu buru-buru saat menyikat gigi.

5. Simpanlah sikat gigi dalam keadaan berdiri (kepala sikat di atas) di ruang udara terbuka. Karena menyimpan sikat gigi di dalam container terbukti memicu tumbuhnya bakteri dan jamur.

6. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Ingat, sikat gigi dengan bulu sikat yang sudah mekar akan membuat pelekatan gusi rusak. Akibatnya gigi Anda bisa mengalami ngilu. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.