JAKARTA, BALIPOST.com – Kementerian Sosial menggelar ziarah wisata serangkaian peringatan Hari Pahlawan. Sebanyak 600 siswa dari 24 SD dan SMP di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mengikuti ziarah wisata ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Senin (13/11).

Acara yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November tersebut dipimpin Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial, Hartono Laras.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan tabur bunga dan dilanjutkan dengan penanaman nilai kepahlawanan di Gedung Konvensi. Penanaman nilai kepahlawanan ini dipandu Seto Muliadi.

“Kegiatan ziarah wisata sebagai upaya untuk mengenalkan dan menanamkan nilai kepahlawanan, kejuangan dan nasionalisme kepada generasi muda sejak mulai SD dan SMP,” ungkap Hartono Laras.

Baca juga:  Perlu Perhatian Khusus, Masifnya Pembangunan Akomodasi Pariwisata di Bali

Dikatakan, momen Hari Pahlawan, dinilai sangat tepat untuk mengenalkan langsung para siswa sekolah pada para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Pada kesempatan tersebut, seluruh siswa peserta ziarah wisata diajak melihat makam para pejuang. Kemudian, mereka diajak untuk mengheningkan cipta sekaligus mendoakan agar arwah para pahlawan tersebut mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan YME.

‚ÄúSelama ini para siswa hanya mengetahui sejarah Indonesia dari buku pelajaran. Dengan cara ini mereka dikenalkan dengan bukti sejarah yaitu makam para pejuang yang gugur saat berperang melawan penjajah dahulu,” imbuhnya.

Hartono menerangkan, sebelumnya untuk siswa SMA juga telah dilakukan wisata sejarah dan Olimpiade Pahlawan yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia. (kmb/balitv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.