selat
Suasana di Pelabuhan Gilimanuk. (BP/dok)
NEGARA, BALIPOST.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Labitra Adinda, Senin (6/11) kandas di perairan Gilimanuk akibat kuatnya arus. Namun kapal yang mengangkut puluhan penumpang dan kendaraan ini bisa segera keluar dari kandas sehingga bisa melanjutkan perjalanan. Sementara muatannya dipindahkan ke KMP lainnya.

Dari informasi, KMP Labitra Adinda saat kejadian hendak bertolak dari Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk menuju Pelabuhan Penyeberangan Ketapang. Baru saja keluar dari dermaga Landing Craft Machine (LCM) di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, tepatnya sekitar 200 meter di sebelah Timur Pura Segara Gilimanuk KMP Labitra Adinda kemudian terseret arus hingga akhirnya kandas di perairan dangkal.

Nahkoda kemudian melangsungkan olah gerak kapal namun gagal lantaran air laut yang belum memasuki kondisi pasang. Mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, penumpang yang ada di KMP Labitra Adinda yang diketahui memuat 16 orang penumpang, 2 unit sepeda motor, 1 unit mobil pribadi, 1 unit truk sedang, 5 unit truk besar serta 1 unit truk tronton ini kemudian dievakuasi oleh Sat Polairud Polres Jembrana ke Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk.

Baca juga:  Jelang Nyepi, Trip Pelayaran Ditambah

Manager Usaha PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, Heru Wahyono dikonfirmasi mengakui adanya satu diantara 32 unit KMP yang dioperasikan yang mengalami kandas di sekitar dermaga LCM Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk tersebut.

Menurutnya belasan penumpang dievakuasi. Kemudian kapal ini kembali melangsungkan olah gerak dan berhasil lepas dari kandas yang kemudian dibawa ke Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk untuk melangsungkan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan petugas Syahbandar Gilimanuk, kapal ini telah mengantongi Surat Persetujuan Berlayar (SPB) sehingga dinyatakan Laik Laut dan diizinkan kembali berlayar menuju Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dalam keadaan muatan kosong. Sedangkan, untuk 16 orang penumpang dan sejumlah kendaraan yang telah dikeluarkan dari KMP Labitra Adinda kemudian kembali melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dengan menumpang pada KMP Trans Jawa IX. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.