Ganda
Ilustrasi. (BP/dok)
NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah  nama anggota partai politik (parpol) di Jembrana yang disetorkan di KPU Jembrana saat tahapan pendaftaran beberapa waktu lalu diketahui ganda.

Dari informasi yang dihimpun dari sejumlah parpol, saat ini mereka sedang disibukkan melakukan cek dan ricek terkait nama anggota yang tercatat juga di parpol lainnya.

Sejumlah pengurus parpol sejak sepekan ini diantaranya melakukan konsolidasi menindaklanjuti hal tersebut. Sementara itu, berdasarkan tahapan penelitian administrasi di KPU Jembrana, sejumlah nama anggota yang disodorkan parpol ternyata juga banyak ditemukan ganda.

Ada yang terdaftar di partai A, juga diakui sebagai anggota di Parpol B. Bahkan dari informasi jumlahnya mencapai ratusan yang ganda terbagi di belasan parpol yang mendaftar.

Ketua KPU Jembrana, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya dikonfirmasi Jumat (3/11) tidak menampik adanya nama ganda ini. “Ini (ganda) yang antarparpol, dari penelitian administrasi terlihat data yang ganda antarparpol maupun identik (dalam satu parpol),” tandas Darmasanjaya.

Baca juga:  Pendaftaran Ditutup, 27 Parpol Resmi Diproses KPU

Menyikapi hal tersebut KPU akan melakukan verifikasi faktual. Bila sebelumnya dilakukan verifikasi secara sampling, adanya temuan ini KPU selanjutnya akan melakukan verifikasi faktual. “Kita akan terjun langsung mengecek data itu, termasuk yang ganda mulai Sabtu besok (hari ini-red),” tambahnya.

Selain terkait data ganda antarpartai, KPU juga akan melakukan verifikasi faktual terkait adanya indikasi pengurus parpol yang berdasarkan umur dan pekerjaan. Dari sisi umur, pengurus parpol tidak diperbolehkan dibawah 17 tahun atau belum menikah. Dan untuk pekerjaan, pengurus parpol tidak boleh dari unsur ASN serta TNI/Polri. (surya dharma/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.