Galungan
Polisi melakukan pengamanan di objek wisata Taman Ujung. (BP/kmb)
AMLAPURA, BALIPOST.com – Polres Karangasem meningkatkan kualitas pengamanan di Pelabuhan Padangbai untuk mengamankan hari raya Galungan. Selain memaksimalkan personil Polsek Kawasan Laut Padangbai, pengamanan didukung Unit K9 Polda Bali yang menyiagakan anjing pelacak.

Pengamanan ketat itu untuk mencegah masuknya pelaku terorisme dan kriminal melalui pelabuhan penyeberangan Bali-Lombok tersebut. ‘’Kita dibantu Unit K9 untuk melacak benda-benda yang sulit kita pantau dengan mata telanjang. Selain yang terkait aksi terorisme yaitu bahan peledak, anjing pelacak juga untuk mengendus barang-barang psikotropika,’’ ujar Kanit Patroli Polsek Padangbai, AKP I Made Suparwata, Kamis (2/11).

Suparwata mengatakan pengamanan dengan mengerahkan anjing pelacak dilakukan secara rutin setiap bongkaran kapal, untuk mempersempit ruang gerak para pelaku terorisme dan pelaku criminal. Aksi penyelundupan, curanmor maupun menekan pelanggaran lalu lintas serta meniadakan terjadinya penyelundupan narkoba, amunisi dan bahan peledak.

Kapolsek Padangbai, Kompol I Ketut Suharto Giri, mengatakan, pada hari raya Galungan, Rabu (1/11) lalu, Pelabuhan Padangbai juga dipadati aktivitas warga yang melakukan persembahyangan.

Baca juga:  Juru Pakir Terminal Ditangkap Saber Pungli

Pemeriksaan menyeluruh juga diberlakukan terhadap aktivitas tersebut, dipusatkan di Pos I (pintu masuk pelabuhan) dan Pos II pintu keluar pelabuhan. Pengamanan Pengamanan berlangsung 24 jam penuh, siang maupun malam hari. ‘’Selain Unit K9, pengamanan juga didukung Polair Polres Karangasem dan instansi terkait Pemkab Karangasem, untuk melakukan pemeriksaan identitas penumpang,’’ jelasnya.

Selain di Padangbai, Polres Karangasem juga mengerahkan personil untuk pengamanan di ruas jalan utama, tempat ibadah dan objek-objek wisata. Pada Umanis Galungan kemarin, polisi sudah siaga sejak pagi.

Kapolres AKBP I Wayan Gede Ardana, pada Umanis Galungan pengamanan difokuskan pada objek-objek wisata favorit seperti Pantai Candidasa, Taman Tirtagangga dan Taman Ujung Karangasem. Selain itu personil Polres bersama Polsek Abang juga dikerahkan untuk mengamankan aktivitas persembahyangan di Pura Lempuyang. ‘’Untuk saat ini situasi  situasi kemanan di Karangasem masih kondusif. Aktivitas warga juga relatif normal meskipun aktivitas vulkanik Gunung Agung belum stabil,’’ ucapnya. (kmb/balipost)

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.