SURABAYA, BALIPOST.com – Kementerian Pariwisata tidak pernah berhenti melancarkan jurus jitu dalam mengembangkan family friendly tourism. Yang terbaru, ada Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2017 yang bakal disupport Kemenpar di Surabaya, 6-11 November 2017.

“Itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Even MICE seperti ISEF 2017 makin menjanjikan,” ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti, Selasa (31/10).

Ucapan wanita berkerudung itu tidak mengada-ada. Selain spending yang lebih tinggi dari wiman biasa, pengunjungnya pun sangat besar. Khusus even yang kerap disebut wisata halal ini, bidikan jumlah pengunjungnya dipatok di angka 11 ribu orang. “Jangan lupa, peserta yang datang untuk acara MICE ini umumnya berwisata. Ini bagus untuk perkenalan pariwisata Surabaya. Impactnya pasti bagus karena jumlah uang yang akan masuk sudah jelas. Jumlah orangnya juga sudah jelas, sudah bisa terhitung,” timpal Kepala Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Kemenpar Eddy Susilo.

Nah, bila dikombinasikan dengan family friendly tourism, efeknya diprediksi bakal lebih wow lagi. Maklum, destinasi wisata halal di Indonesia semakin mendapat tempat di level dunia. Merujuk MasterCard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017, destinasi wisata halal di Indonesia makin ngehits. Posisi Indonesia sebagai penyedia destinasi wisata halal ada di peringkat ketiga dengan nilai 72,6. “Potensi kita sangat besar dalam mengembangkan destinasi wisata syariah karena kekuatan kultur dan budaya Islam kita yang kuat,” tambahnya.

Baca juga:  Pasca Launching Paket Wisata, Danau Toba Diserbu Wisman

Merujuk GMTI 2017, peningkatan peringkat Indonesia disebabkan para traveler dunia menginginkan pilihan yang lebih banyak, pengalaman yang unik, serta konektivitas. Gaya hidup muslim ternyata terhubung dengan sempurna dengan pasar wisata itu. Dan Surabaya, punya itu semua. “MICE dan wisata family friendly terus menanjak di level dunia. Traveller muslim pasti akan nyaman berkonfrensi di Surabaya karena di sana ada wisata religi Sunan Bonang,” papar Eddy.

Lantas, apa reaksi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya? Menteri yang juga kampiun marketing itu tak mau cepat puas. Bidikannya hanya satu. Menjadi yang terbaik di level dunia. “Untuk family friendly kita juaranya. Tahun lalu ada 12 juara dunia yang berhasil kita sambar. Ditambah wisata MICE, harusnya tambah dahsyat karena destinasi MICE Indonesia makin ngehits di level dunia,” ucapnya.

Bagi peserta konferensi yang membawa keluarga, dijamin bakal happy. Karena Surabaya punya banyak kuliner khas yang mengundang selera. Ragam jenis makanan khasnya sangat banyak, dan hampir semua enak-enak. “Jadi nyamannya bisa dapat triple. Konferensinya dapat, wisata family friendly-nya dapat, dan kulinernya juga dapat. Selamat berkonferensi. Salam Wonderful Indonesia,” ucapnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.