DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra 2017 di halaman Mapolda, Senin (30/10). Apel tersebut dipimpin Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana dan melibatkan personel Polda, TNI, Dishub serta Jasa Raharja.
“Hari ini kami laksanakan gelar pasukan Operasi Zebra yang akan berlangsung mulai tanggal 1 sampai 14 November 2017. Tujuannya untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas dan sasaran utama penegakan hukum,” tegas Brigjen Alit Widana, didampingi Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana.

Mantan Kapolresta Denpasar ini menegaskan, pihaknya akan menyasar atau menindak pelanggaran mengarah kecelakaan, fatalitas, plat nopol yang tidak sesuai spestek, parkir menggunakan bahu jalan, penggunaan rotator dan strobo. “Penggunaan rotator dan strobo kan ada undang-undangnya, jadi tidak boleh sembarangan. Penindakan penggunaan rotator dan strobo juga akan ditingkatkan selama operasi ini,” ujar jenderal bintang satu asal Tabanan ini.

Baca juga:  Lima Hari Operasi Zebra di Tabanan, 357 Pelanggar Terjaring

Ia berharap selama operasi dalam rangka menyambut hari raya Galungan, Kuningan, Natal dan tahun baru 2018, bisa menurunkan angka pelanggaran serta kecelakaan. Menurutnya hampir setiap hari ada kecelekaan dan satu orang meninggal dunia.

Dari data Januari sampai September 2016 dibandingan periode sama tahun 2017, terjadi kenaikan. Jumlah pelanggaran 2016 sebanyak 69.849, sedangkan pelanggaran 2017 sebanyak 73.143 pelangaran.

Sementara jumlah kecelakaan lalulintas tahun 2016 sebanyak 1.226, sedangkan tahun 2017 1.377 kejadian. “Mudah-mudahan masyarakat Bali lebih sadar tertib berlalulintas. Agar kita berhati-hati, sopan santun dan tertib di jalan raya. Jangan emosi, saling salip bahkan sampai terjadi penyerangan. Marilah kita mengutamakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” ungkap mantan Kapolres Gianyar ini. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.