JAKARTA, BALIPOST.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin gencar menebar pesona Wonderful Indonesia untuk menjaring wisatawan di Malaysia. Setelah menggelar Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia pada 22 hingga 24 September 2017 yang lalu, Kementerian di bawah komando Arief Yahya ini akan menggelar Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia Tahap II di Melawati Mall, Taman Melawati, Selangor, 3 – 5 November 2017.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Profesor I Gde Pitana mengatakan, pemilihan Melawati Mall bukan tanpa alasan. Ini adalah salah satu pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi warga Malaysia. Nantinya acara akan digelar di tempat yang paling strategis. Di tengah-tengah Melawati Mall di lantai dasar.

Tempatnya mencapai 3.400 meter per segi. Mall ini juga lokasinya strategis, terhubung oleh 5 jalan tol, populasi pengguna sekitar 740.000, dan lebih dari 10 sekolah internasional dan institusi pendidikan, serta terdapat lebih dari 30.000 usaha di sekitar mall dalam radius 5 km.

Baca juga:  "Ayunan Langit" Ngehits, Desa Wisata Purwosari Tambah Homestay Baru

Kata Pitana, kegiatan ini merupakan bentuk promosi sekaligus upaya meningkatkan branding Wonderful Indonesia di Malaysia. “Mempromosikan destinasi Indonesia sesuai target dengan coverage penerbangan AirAsia, terutama di originasi Malaysia,” ujar Pitana yang juga diamini Asdep Pengembangan Pemasaran ASEAN, Rizki Handayani.

Profesor Pitana menambahkan, pengunjung nantinya akan diberikan informasi terkait berbagai destinasi di Indonesia. Dalam ajang promosi ini pula, pengunjung akan disuguhkan berbagai kesenian Indonesia. Seperti tari rampak gendang, tari bajidor kahot, tari ronggeng nyentrik, tari genjring party serta live music tradisional tehyan. “Juga akan ada kegiatan-kegiatan menarik yang menjadi gimmick seperti prize wheel serta photo booth dengan hadiah-hadiah menarik,” kata Pitana.

Baca juga:  Sambut Asian Games 2018, Palembang Bikin Kampoeng Warna-Warni

Rizki menambahkan, selain ajang promosi, dalam travel fair ini tentunya juga akan dijual paket perjalanan ke berbagai destinasi di Indonesia yang melibatkan sejumlah travel agent dengan harga-harga menarik dengan potongan harga hingga 50 persen dari AirAsia. “Sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjunngan wisatawan mancanegara di originasi Malaysia melalui penjualan tiket AirAsia dan paket wisata,” ujar Rizki.

Rizki juga menyebutkan, Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia merupakan bagian dari rangkaian kegiatan promosi bersama antara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dengan maskapai AirAsia. “Selain di Malaysia, kerja sama ini juga dilakukan di negara pasar Singapura,” ujarnya.

Baca juga:  BRI Peduli Salurkan Bantuan ke Masyarakat Terdampak Banjir Semarang dan Demak

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik akan terselenggaranya Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia Tahap II sebagai bagian dari mempromosikan pariwisata Tanah Air ke publik Malaysia. Menpar mengatakan, Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia merupakan momentum potensial untuk dapat menjaring wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Pada tahun ini, Kemenpar menargetkan mampu menjaring wisatawan mancanegara (wisman) Malaysia sebesar 1.772.000 orang, dimana tahun 2016 sebanyak 1.225.458. “Malaysia adalah pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. Selain dekat secara geografis, Malaysia juga dekat secara budaya. Sama-sama rumpun Melayu,” kata Menpar Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *