Ilustrasi insomnia. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Ada banyak kebiasaan yang dapat memicu Anda mengalami sulit tidur di malam hari alias insomnia. Namun, apakah Anda pernah menduga bahwa kebiasaan sepele di bawah ini ternyata juga dapat menyebabkan insomnia?

Mari simak lima kebiasaan yang dapat memicu insomnia, dikutip dari klikdokter.com :

1. Minum air putih terlalu banyak

Minum air putih disebut baik untuk tubuh. Namun, minum secara berlebihan memiliki sejumlah dampak buruk, apalagi jika dilakukan sebelum tidur. Sebab, terlalu banyak minum dapat merangsang Anda untuk terus kembali ke kamar kecil, dan hal ini tentu akan mengganggu jam tidur Anda.

Menurut Mark Whiteley, konsultan ahli bedah vaskular dan pendiri The Whiteley Clinic di London, terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat mengganggu ritme kerja ginjal Anda. “Ketika kita tertidur, otak kita mengeluarkan ADH, hormon anti-diuretik, untuk memperlambat fungsi ginjal dan menghentikan kita merasakan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari,” katanya dilansir Daily Mail.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk buang air kecil sebelum tidur pada malam hari, agar tidak terbangun saat malam. Anda juga perlu menghindari minum air putih setidaknya 30 menit sebelum tidur.

2. Tidak menjaga pola makan

Kebiasaan makan sembarangan ternyata dapat menyebabkan insomnia. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang terjadi tentu akan berdampak langsung terhadap pola tidur Anda. Sebab saat perut terasa tak nyaman, Anda akan semakin sulit tidur di malam hari dan muncul insomnia yang berkepanjangan.

3. Penyakit yang tak terdiagnosis

Baca juga:  Insomnia dan Cara Mengatasi

Penyakit yang tak terdiagnosis, seperti sleep apnea, juga dapat menyebabkan insomnia. Jika beberapa penyakit bersarang di tubuh dan tidak Anda ketahui, hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan Anda. Selain akan menggerogoti kondisi fisik dan kesehatan, kondisi ini juga akan menyebabkan sulit tidur di malam hari. Untuk itu, Anda perlu membiasakan diri untuk melakukan pemeriksaan setiap merasakan satu perubahan pada tubuh.

4. Membawa pekerjaan kantor ke rumah

Sekalipun pekerjaan sangat banyak, Anda tetap harus menarik satu batasan yang jelas. Usahakan untuk tidak membawa pulang pekerjaan kantor Anda. Sebab hal itu bisa membuat Anda terkena insomnia. Di tengah tumpukan pekerjaan, Anda semakin mungkin untuk mengembangkan rasa stres dan tertekan. Saat stres, Anda akan semakin sulit untuk tidur nyenyak.

5. Tidak membersihkan kamar

Rutin membersihkan kamar, terutama tempat tidur, akan membantu Anda lebih mudah terlelap di malam hari. Sebaliknya, memiliki ruangan tidur yang kotor, bersuhu buruk, dan banyak gangguan lainnya, tentu akan membuat Anda tidak nyaman.

Anda tentu tidak betah dengan kondisi tersebut. Akhirnya, bukannya terlelap setelah bekerja seharian, Anda justru terpaksa merapikan kamar. Hal itu tentu akan membuat Anda tidur semakin larut, bahkan bisa berujung insomnia.

Jadi, itulah tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami sulit tidur di malam hari atau insomnia. Jika sering melakukan satu atau beberapa hal di atas, Anda lebih baik menguranginya sejak sekarang. Ingat, kualitas tidur yang baik juga akan berdampak baik terhadap kesehatan Anda. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.