Ilustrasi. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Cokelat ternyata tak hanya enak dikonsumsi. Kandungan dalam cokelat bisa membantu kita menjaga kesehatan, salah satunya melindungi otak dari gangguan kognitif.

Dikutip dari klikdokter.com, sebuah penelitian mengungkapkan, makan cokelat secara teratur dapat membantu fungsi otak. Hal ini disebabkan oleh kandungan biji kakao merupakan sumber senyawa neuroprotektif alami. “Pemberian flavanol yang terdapat di biji kakao secara rutin dapat menyebabkan efek kognitif meningkat, mempertahankan kinerja terutama dalam kondisi yang menuntut kognitif, termasuk kelelahan dan kesulitan tidur,” kata penulis Valentina Socci dan Michele Ferrara dari Universitas L’Aquila, Italia.

Para peneliti melakukan meta-analisis dan menemukan bahwa flavanol memiliki efek menguntungkan pada sirkulasi darah di otak dan meningkatkan kecepatan pemrosesan citra visual.

Senada dengan hal itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Appetite, mengungkapkan, konsumsi cokelat ternyata terkait dengan peningkatan kinerja kognitif seseorang. Periset melihat data yang dikumpulkan selama studi sebelumnya di mana peserta diukur asupan makanan dan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga:  Minyak Zaitun dan Fakta Manfaatnya Bagi Otak

Selain itu, peserta juga diberi serangkaian tes yang dirancang untuk mengukur fungsi kognitif. “Konsumsi cokelat yang lebih sering, dikaitkan secara signifikan dengan kinerja yang lebih baik pada tes Memori dan Organisasi Visual-Spasial, Memori Kerja, Pemindaian dan Pelacakan, dan Penalaran Abstrak,” kata periset.

Sedangkan menurut sebuah studi dari The Cocoa, Cognition, and Aging (CoCoA) yang diterbitkan dalam jurnal medis Hypertension tahun 2012 menunjukkan, kinerja tes kognitif mengalami peningkatan secara signifikan pada orang tua dengan gangguan kognitif ringan yang mengonsumsi kakao setiap hari.

Temuan ini mengungkapkan, bahwa flavanol mampu meningkatkan aliran darah ke otak, mendorong pembentukan dan memperbaiki neuron, meningkatkan hubungan antara neuron, dan melindungi neuron dari kematian akibat radikal bebas.

Pada dasarnya semua cokelat memiliki flavanol lantaran terjadi secara alami pada kakao. Namun diantara jenis lainnya, disarankan Anda makan cokelat hitam (dark chocolate) karena lebih banyak mengandung flavanol yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak Anda. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.