Wabup Mahayastra saat penyerahan bantuan. (BP/ist)
GIANYAR, BALIPOST.com – Warga Desa Batubulan Kangin tampaknya tersenyum senang, dengan telah rampungnya pengerjaan jalan di wilayah desanya. Dengan telah selesainya pengerjaan jalan berupa pengaspalan lebih memudahkan akses warga dalam melakukan kegiatan. Tak berhenti di sana, kesenangan warga bertambah dengan adanya bantuan dari Pemkab Gianyar, melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan berupa satu unit truk sampah.

Pembukaan jalan serta bantuan satu unit truk sampah diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, di depan Kantor Desa Batubulan Kangin, Sabtu, (30/9). Wabup Mahayastra mengatakan, melihat fenomena yang terjadi di lapangan tentang banyaknya sampah yang dibuang di ujung – ujung gang di wilayah Batubulan Kangin, bahkan banyak di unggah di media sosial.

Untuk itu, Pemkab Gianyar mengambil inisiatif untuk memberikan bantuan truk sampah kepada Desa Batubulan Kangin untuk memaksimalkan penangangan dampah di wilayah tersebut. Tambahan armada satu unit truk sampah ini, diharapkan dapat dikelola dengan baik dalam hal penanganan sampah sehingga tidak sampai menumpuk dan menimbulkan kesan kumuh.

“Sebelumnya memang ada satu unit truk sampah swadaya masyarakat. Namun saya rasa dengan wilayah yang cukup luas, satu itu kurang maksimal jadi kami bantu satu unit truk sampah,” terang Mahayastra.

Mahayastra menambahkan, sebelum dihibahkan ke desa, akan diuji dulu selama dua tahun pengelolaan truk sampah ini. Baik dari segi perawatan maupun biaya operasionalnya termasuk gaji sopir. Sehingga, dalam kurun waktu dua tahun pengujian tersebut dan terbukti mampu mengelola, selanjutnya truk sampah tersebut akan dihibahkan ke Desa Batubulan Kangin.

Baca juga:  Banten Pemeras Cita Buat Warga Yang Buang Sampah Sembarangan

“Kita uji dulu selama dua tahun, jika desa mampu mengelolanya dengan baik baru akan dihibahkan,” tambah Mahayastra.

Kepala Desa Batubulan Kangin, I Wayan Swarjaya, SE sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan Pemkab Gianyar. Pengaspalan terhadap 4,5 Km jalan desa yang ada diwilayah Batubulan Kangin dapat memudahkan warga dalam beraktifitas. Terlebih, di wilayah Batubulan Kangin terdapat beberapa sekolah sehingga mobilisasi warga sangat padat untuk antar jemput anaknya.

Begitu juga, bantuan satu unit truk sampah yang diberikan Pemkab Gianyar, akan lebih membantu dalam penanganan masalah sampah di Desa Batubulan Kangin. Diakui, beberapa kurun waktu ini volume sampah yang ada di Desa Batubulan Kangin mengalami peningkatan. Hal ini tak terlepas dari adanya penduduk pendatang di Desa Batubulan Kangin. Sehingga penanganan sampah yang selama ini hanya mengandalkan satu unit truk sampah dari swadaya warga dirasa kurang maksimal. “Dengan adanya bantuan ini, kami rasa akan bisa meminimalisir permasalahan sampah di desa kami. Setidaknya, tidak ada lagi penumpukan sampah,” terang Swarjaya.

Swarjaya menjelaskan, selama ini untuk menunjang operasiona pengelolaan sampah, setiap bulannya Kepala Keluarga (KK) di Desa Batubulan Kangin yang berjumlah kurang lebih 1.500 KK diwajibkan membayar iuran sebesar Rp 5.000. Iuran inilah nantinya dikelola untuk biaya operasional Truk Sampah, mulai dari biaya perawatan serta operasional pengangkutan sampah itu sendiri. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.