Ilustrasi. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Penyakit maag memang tidak memandang usia. Siapa pun bisa terkena maag. Keluhan yang muncul ketika asam lambung naik, tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi sakit maag, Anda dapat melakukan lima cara mudah di bawah ini yang dikutip dari klikdokter.com :

1. Makan sedikit, tapi sering

Maag sering diakibatkan oleh pola makan yang salah. Pola makan seperti ini, tidak hanya berkaitan dengan waktu dan jumlah, tetapi juga berhubungan dengan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Untuk mencerna makanan di lambung, tubuh terus memproduksi asam lambung. Anda akan merasakan nyeri ulu hati, ketika asam lambung terus diproduksi padahal lambung sedang kosong. Karena itu, jangan pernah terlambat makan dari jadwal yang sudah biasa Anda jalani.

Selain itu, penderita sakit mag lebih baik mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit, tapi sering. Tujuannya, untuk menjaga lambung tetap terisi. Selain itu, hindarilah makanan-makanan yang bisa memicu peningkatan asam lambung, misalnya makanan pedas.

2. Selalu bahagia

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, stres merupakan salah satu pencetus sakit maag yang paling sering. Saat stres, produksi asam lambung akan meningkat drastis. Agar terhindar dari stres penyebab sakit maag, Anda bisa menyalurkan hobi di akhir pekan atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan.

Baca juga:  Daun Kopi Diolah Jadi Teh, Ini Manfaatnya

3. Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol bisa memicu produksi asam lambung berlebih. Jika terjadi terus-menerus, hal tersebut dapat mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan luka.

4. Posisi tidur menyamping

Posisi tidur memengaruhi sakit maag Anda. Contohnya, posisi tidur terlentang menyebabkan refluks asam lambung.
Akibatnya, Anda akan mengeluh rasa pahit di kerongkongan, begah, hingga sesak napas. Ubahlah posisi tidur menyamping agar dapat mengurangi keluhan. Selain itu, hindari makan satu jam sebelum tidur.

5. Rutin kontrol dan konsumsi obat

Selain mengubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti yang disarankan oleh para ahli, jangan lupa untuk mengonsumsi obat maag. Pada kondisi tertentu, misalnya mag yang cukup parah, tidak dapat diatasi hanya dengan perubahan pola hidup. Anda tetap disarankan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menghambat produksi asam lambung, menetralkan asam lambung, atau melapisi dinding lambung.

Sakit maag memang pernah dirasakan oleh hampir semua kalangan, namun dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda sudah pada tahap menaklukkan penyakit ini. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.