nusa penida
Ilustrasi. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Bali masih menjadi ancaman. Karena itu, semua komponen masyarakat tetap melakukan upaya untuk mengurangi wabah yang bisa menjakiti setiap orang.

Penanganan kasus DBD secara konsisten dilakukan untuk menekan penyebaran kasus ini. Selain DBD, kasus yang diwaspadai adalah chikunguya.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Gede Wira Sunetra, MPPM., yang ditemui di sela-sela pembukaan pelatihan tenaga pest control, Senin (11/9) mengungkapkan pada 2017 ini sebenarnya kasus DBD sudah turun. Namun, bila dibandingkan secara nasional, jumlahnya masih tinggi. “2017 ini kasusnya sudah bisa ditekan menjadi 75 per 100.000 penduduk,” katanya.

Baca juga:  Hingga Agustus 2021, Warga Terjangkit DBD di Bali Capai Ribuan Orang

Dikatakan, kasus DBD sering kali menjadi KLB. Kondisi ini harus mendapat perhatian dan peran dari para petugas pest control ini sangat penting dalam upaya mencegah meluasnya kasus tersebut.

Pihaknya berharap agar kasus DBD bisa ditangani, sebagaimana kasus malaria. Kasus malaria sudah bisa dieliminasi pada 2014. Hanya, sering kali orang yang baru masuk dari daerah lain, membawa serta kasus malaria. Mengingat, daerah lain masih banyak yang belum mampu mengeliminasi kasus malaria.

Baca juga:  Tiga Bulan Pertama Kasus DBD di Bali Alami Peningkatan

Sementara itu, sebelumnya kasus ini di Denpasar cenderung mengalami tren menurun setiap bulan. Kondisi ini terbalik pada tahun lalu yang mengalami peningkatan setiap bulannya.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr. Luh Putu Sri Armini, beberapa waktu lalu mengatakan, saat ini dilihat dari jumlah kasus, Denpasar berada pada rangking tujuh dari sembilan kabupaten/kota se-Bali. Ini artinya, Denpasar sudah bisa menekan kasus DBD sehingga berhasil berada pada posisi ketujuh. “Kalau sebelumnya Denpasar selalu menduduki rangking satu, sekarang sudah pada posisi ketujuh,” jelas sri Armini. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  3 Bulan Kasus DB Gianyar Capai 500 Lebih, 3 Meninggal
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *